Ada tiga perbedaan dari website yang kita kenal selama ini. Yaitu website dengan tampilan statis, dinamis dan interaktif. Masing-masing punya keunggulan sesuai kebutuhan dan fungsinya. Tapi lebih sering orang mengembangkan website berbasis dinamis karena menyesuaikan kebutuhan para pengunjung dan kemudahan pengelolaan. Untuk mengembangkan website dinamis, Codeigniter merupakan framework PHP yang diterapkan dengan model MVC. Yaitu Model, View dan Controller.

Hingga saat ini, model tersebut sangat populer diterapkan dalam pembangunan dan pengembangan website.

Model

Fungsi dari konsep Model menjadi database yang nantinya berkaitan dengan Controller. Di sinilah pengembang website menyimpan atau menghapus data yang dibutuhkan selama operasional website.

View

Konsep view merupakan tampilan yang diproses dari presentation logic.

Controller

Fungsinya mengatur operasional antara Model dan View. Nantinya akan diproses pada aplikasi lanjutan dari user.

Dari ketiga konsep yang di atas, framework PHP Codeigniter sudah sangat mencakup kebutuhan dari para pengembang web secara menyeluruh. Sehingga proses pengerjaannya tidak terlalu rumit dan tak menyita banyak waktu.

Belajar PHP Codeigniter memang bisa menyita banyak waktu jika tidak didampingi seorang yang ahli. Tapi hal itu bisa diatasi dengan mengikuti program rutin yang diselenggarakan oleh Dumet School. Inilah sekolah terbaik bagi para pemula yang ingin mengembangkan atau belajar dasar-dasar pengembangan website. Ada banyak tawaran modul yang bisa diambil dan disesuaikan pada masing-masing kebutuhan.