Tidak hanya Framework asal daerah asing seperti Laravel , Code Igniter , YII , dll. tetapi kini sudah ada framework asal Indonesia yang sudah rilis , aslinya framework ini sudah lama dan masih kurang terkenal. Framework Panada adalah high performance PHP development framework namun tetap sederhana. Tidak hanya sederhana dalam pengertian cara penggunaannya, tetapi juga bagaimana core system-nya bekerja.

Dari awal dikembangkan, Panada secara khusus ditujukan untuk membantu para PHP developer yang ingin mengembangkan aplikasi web berperforma tinggi (high performance web application). Namun demikian, prinsip kesederhanaan KISS atau Keep it Simple Son! selalu menjadi prinsip utama dalam setiap pengembangan.

Panada adalah framework sederhana dan simpel untuk pembuatan website berbasiskan PHP 5.3 ke atas. Framework ini dikembangkan dengan tujuan membantu para pengembang website untuk bekerja lebih cepat, lebih mudah dan lebih alamiah dalam penulisan kode.

Setiap komponen didesign untuk bisa saling memanfaatkan sumberdaya (resource) dari komponen-komponen lainnya secara otomatis. Hal ini memudahkan pengembang dalam memanfaatkan sumberdaya secara cepat dan efisien.

Framework Panada ini special, bukan hanya berasal dari Indonesia namun Panada menyederhanakan sejumlah proses atau aturan yang biasanya di web framework lain harus dilalui satu demi satu. Hebat bukan? Dengan begitu seluruh proses akan dapat dijalankan dengan lebih cepat.

Dari sisi developer, penggunaan Panada juga menguntungkan karena selain mudah dipelajari sehingga developer bisa lebih cepat menunjukkan karyanya, juga bisa membantu skill developer untuk belajar ke tahap yang lebih tinggi.

Tidak ada salahnya apabila kini kita mencoba dan mengapresiasi penggunaan framework hasil karya anak bangsa indonesia ini.