Setelah di artikel sebelumnya saya telah membahas tentang TDD atau Test Driven Development di artikel kali ini saya akan memberikan materi tentnag Pengenalan Automated Testing Di laravel Menggunakan PHP Unit .

Untuk melakukan Test pada softwere kita , ada dua  metode yaitu manuak menggunakan Humman Testing dan Software Testing , nah untuk humman Testing itu di lakukan oleh manusia sebagai tester terhadap software kita dalam masa pengembangan tetapi di dalam pembahsan ini kita akan membahas testing menggunakan softwawre testing yaitu PHP unit , yang mana sebuah software khusus untuk melakukan testing terhadap suatu fitur di dalam masa development.

JIka kita menggunakan Laravel tidak perlu menginstal nya lagi karena PHP unit sudah built in di dalam project laravel kita , nah sekarang coba di perhatikan project laravel kita , pasti sudah ada folder yang bernama tests, yang mana di dalamnya terdapat 2 folder lagi yaitu Feature dan Unit.



Testing yang di buat di folder Unit dalah tester yang bisanya hanya untuk testing potongan kecil dari fitur saya misalnya hanya testing satu method saja.

Sementara testing berada di folder Feature adalah testing yang digunakan melakukan test terhadap sebuah fitur dari aplikasi kita. dan biasanya porsi kode nya lebih banyak karena dalam satu fitur kita bisa menggunakan banyak method yang gabung jadi satu fitur.

Lalu bagaimana cara menjalankan Unit Test-nya ?  untuk menjalankanya tinggal jalankan perintah comand di bawah ini pada terminal :

Maka akan menghasilkan output seperti ini :

Lalu jika ingin membuat test baru di laravel , anda dapt menggunakan perintah artisan sebagai berikut :

JIka di jalankan maka nanti akan menghasilkan file test baru pada direktori tests kita.

Oke karena artikel ini baru mencangkup pengenalanya saja maka saya untuk sementara saya cukupkan sampai di sini dulu, semoga bisa menambah wawasan anda dan sampai bertemu pada artiekel selanjutnya.