Pada artikel kali ini saya akan kembali membhas tentang laravel, karena akhir-akhir ini saya sedang fokus-fokusnya memperdalam tentang laravel ini by the way 🙂 dan untuk artikel kali ini saya akan membahas mengenai Pengenalan Laragon Pengganti Xampp Untuk Pengguna Laravel.

Sebelum memulai artikel ini silahkan di simak kata menarik yang ada pada judul artikel ini yaitu “Laragon Pengganti Xampp”, bagi seorang programmer PHP pasti tahu akan sebuah tools yang sangat amat membantu dalam pengembangan sebuah web app yaitu xampp dimana tools ini merupakan sebuah paket aplikasi yang jika kita menginstalnya maka secara otomatis kita juga menginstal PHP, mysql(maria DB), Aphace dan sebagainya. KIta sudah sering di manjakan dengan fiturnya yang mempermudah kita untuk mengmbangakan aplikasi berbasis website.

Lalu kenapa kita harus menggantinya jika sudah sangat membantu ? nah saya akan menjelaskanya kenapa kita harus atau lebih mencoba yang namaya LARAGON, Laragon adalah sebuah tools yang mirip-mirip dengan XAMPP yang di khususkan untuk pengguna laravel,  Seperti halnya XAMPP, Laragon menyediakan program-program pendukung pengembangan web seperti Apache Server, PHP, dan MySQL. Yang membuat Laragon berbeda dari XAMPP adalah Laragon juga menyediakan program-program lain yang biasanya tersedia juga di Homestead, yaitu Memcached dan Redis. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk menginstal program tersebut secara terpisah.

Instalasi Laragon
Sebelum kita melakukan instalasi silahkan anda download dahulu aplikasinya yang anda bisa download di website resmi laragon laragon.org

Jalankan server laragon
Setelah melakukan proses penginstalan laragon langsung bisa di jalankan seperti berikut ini :

Baiklah itu saja dari saya untuk kali ini , semoga bermanfaat dan sampai bertemu pada artikel selanjutnya.