Variable digunakan untuk menyimpan nilai, seperti text, number, atau array. Satu variable yang kita deklarasikan bisa digunakan berkali-kali dalam sebuah script.

Semua variable dalam php dimulai dengan tanda string ($) untuk semua tipe data. Selain itu kita tidak perlu mendeklarasikan tipe variable yang kita buat, php akan mendeteksi otomatis tipe variable yang kita buat.

Syarat penulisan Variable

  • Diawali dengan karakter “$
  • Diikuti dengan huruf sebagai karakter pertama setelah “$” (bisa juga menggunakan garis bawah “_”)
  • Tidak boleh mengandung spasi atau tanda baca lainnya kecuali underscore ( _ )
  • Variable dalam php bersifat case sensitif yang artinya anda harus memperhatikan penulisan huruf
    besar dan huruf kecil. Misalnya variabel $kode tidak sama dengan $Kode

Cara Memberikan Nilai kepada Variabel

Sama seperti sebagian besar bahasa pemrograman lainnya, untuk memberikan nilai kepada sebuah variabel, PHP menggunakan tanda sama dengan (=). Operator sama dengan ini dikenal dengan istilah Assignment Operators.

Perintah pemberian nilai kepada sebuah variabel disebut dengan assignment. Jika variabel tersebut belum pernah digunakan, dan langsung diberikan nilai awal, maka disebut juga dengan proses inisialisasi.

Berikut contoh cara memberikan nilai awal (inisialisasi) kepada variabel:

 

Predefined Variables atau terjemahan bebasnya Variabel Sistem PHP, adalah beberapa variabel yang telah didefenisikan secara sistem oleh PHP, dan kita sebaiknya tidak membuat variabel dengan nama yang sama.

Beberapa contoh Predefined Variables dalam PHP adalah:

$GLOBALS , $_SERVER , $_GET , $_POST , $_FILES , $_COOKIE , $_SESSION , $_REQUEST , $_ENV, $php_errormsg, $HTTP_RAW_POST_DATA, $http_response_header, $argc, $argv, $this

Untuk menampilkan nilai atau isi dari variabel, kita tinggal menampilkannya dengan perintah echo atau print, seperti berikut ini:

Variabel dapat dikatakan sebagai inti dari sebuah bahasa pemrograman. Karena melalui variabel inilah kita memanipulasi data inputan agar menjadi nilai yang diinginkan. Selain variabel, PHP juga menyediakan sebuah solusi lain untuk menampung nilai data dengan konstanta (constant). Dalam tutorial berikutnya kita akan membahas tentang Pengertian dan Cara Penulisan Konstanta dalam PHP.

 

Sekian artikel mengenai Pengertian dan Cara Penulisan Variable PHP semoga bermanfaat untuk kita semua.

Terima Kasih.