Sebagaimana pentingnya sebuah function dari sebuah bahasa pemrograman golang, Kali ini saya akan membahas tentang Function Arguments dan Function Usage. Lanjutan dari materi sebelumnya yaitu, Pengertian Functions dalam Bahasa Pemrograman Golang Part  . Jika suatu fungsi adalah untuk menggunakan argumen, itu harus mendeklarasikan variabel yang menerima nilai argumen. Variabel-variabel ini disebut parameter formal fungsi. Parameter formal berperilaku seperti variabel lokal lainnya di dalam fungsi dan dibuat saat masuk ke fungsi dan dihancurkan saat keluar.

Saat memanggil suatu fungsi, ada dua cara argumen dapat dilewatkan ke suatu fungsi –

  • Metode call by value menyampaikan argumen ke suatu fungsi menyalin nilai aktual argumen ke dalam parameter formal dari fungsi tersebut. Dalam hal ini, perubahan yang dilakukan pada parameter di dalam fungsi tidak berpengaruh pada argumen.Secara default, bahasa pemrograman Go menggunakan metode panggilan dengan nilai untuk menyampaikan argumen. Secara umum, ini berarti bahwa kode dalam suatu fungsi tidak dapat mengubah argumen yang digunakan untuk memanggil fungsi. Pertimbangkan definisi fungsi swap () sebagai berikut.

    Sekarang, mari kita panggil fungsi swap () dengan memberikan nilai aktual seperti pada contoh berikut –

    hasil-

     
  • Metode panggilan dengan referensi meneruskan argumen ke suatu fungsi menyalin alamat argumen ke dalam parameter formal. Di dalam fungsinya, alamat tersebut digunakan untuk mengakses argumen aktual yang digunakan dalam panggilan. Ini berarti bahwa perubahan yang dilakukan pada parameter mempengaruhi argumen yang diteruskan.Untuk meneruskan nilai dengan referensi, pointer argumen dilewatkan ke fungsi seperti nilai lainnya. Dengan demikian, Anda perlu mendeklarasikan parameter fungsi sebagai tipe pointer seperti pada swap fungsi (), yang menukar nilai-nilai dari dua variabel integer yang ditunjukkan oleh argumennya.

    Untuk saat ini, mari kita panggil fungsi swap () dengan memberikan nilai dengan referensi seperti pada contoh berikut –

    hasil –

    Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Pengertian Functions dalam Bahasa Pemrograman Golang Part 2, untuk Function Usage kita akan membahas pada pertemuan selanjutnya semoga bermanfaat.