Apa yang dimaksud sebagai web programming? Kita sering mendengar istilah itu sebagai sesuatu yang berkaitan dengan internet dan website. Memang tak ada yang salah. Sebab berdasarkan namanya, web programming merupakan proses atau cara membuat program/web untuk kebutuhan akses internet.

Saat ini istilah yang paling populer dan selalu digunakan untuk merujuk website adalah WWW. Tahukah Anda yang dimaksud dengan itu? WWW merupakan akronim dari World Wide Web. Sampai saat ini penggunaan WWW dalam halaman website sudah sangat umum dan menautkan dari satu halaman ke halamain lain dari rangkaian informasi. Sistem WWW sendiri ditunjang oleh protokol HTTP yang merupakan singkatan dari Hypert Text Transfer Protocol.

Untuk belajar web programing, seseorang harus menguasai beberapa tahapan mendasar yang meliputi:

  • Penguasaan HTML dan CSS
  • Penguasaan PHP
  • Penguasaan Javascript
  • Penerapan Scrip Tambahan (Jquery, Ajax, dan sebagainya)
  • Penguasaan Framework

Dari tahapan-tahapan tersebut, seorang pemula bisa mengembangkan dasar pengembangan web atau yang umum disebut Web Developing. Apakah susah belajar web programming? Tergantung dari tingkat pengenalan dan pemahaman dasar-dasarnya. Sebab web programming membutuhkan ketelitian karena melibatkan penggunaan sistem kode dan script yang nantinya diterjemahkan ke dalam desain web dan fiturnya. Sekarang ini sudah banyak contoh dasar belajar web programming yang bisa diikuti secara otodidak atau dengan mengikuti program kursus tertentu.