Halo teman-teman, pada kesempatan ini saya akan memperkenalkan tentang fungsi dari mysql_real_escape_string dan stripslashes. Untuk informasi buat teman-teman, mysql_real_escape_string ini adalah fungsi terbaru dari PHP 5 dimana fungsi sebelumnya itu adalaha mysql_escape_string. Jadi untuk teman-teman yang menggunakan XAMPP versi PHPnya di atas Versi 4.3.X itu menggunakan mysql_real_escape_string, tapi jika masih dibawah versi 4.3.X, itu menggunakan mysql_escape_string. Oke itu sedikit penjelasan tentang mysql_real_escape_string dan mysql_escape_string. Kita akan langsung mencoba implementasikannya. Sekarang teman-teman buat sebuah folder didalam folder xampp/htdocs. Beri nama slash. Lalu kita buka text editornya dan kita ketikkan baris program berikut :

<?php

$nama = “safi’i”;

$nama1 = mysql_real_escape_string($nama);

echo $nama1. “<br>”;

$nama2 = stripslashes($nama1);

kemudian simpan dengan nama index.php didalam folder xampp/htdocs/slash. Lalu jalankan pada browser dengan mengetikkan localhost/slash. Berikut hasilnya:

Penggunaan-mysql_real_escape_string-dan-stripslashes-121214-fachrul-1

Penjelasan :

Pada tampilan safi\’i itu hanya menggunakan mysql_real_escape_string sedangkan

Tampilan safi’i sudah menggunakan stripslashes. Jadi penjelasannya, mysql_real_escape_string degunakan untuk membaca semua string agar dapat masuk ke dalam database. Sedangkan stripslahshes untuk menghilangkan slash pada hasil tampilan