Halo teman-teman Dumenity sekalian! Bertemu lagi di blog dumetschool.

Dalam dunia web upload file merupakan salah satu fitur yang paling sering digunakan. Bayangkan jika facebook tanpa upload gambar? Youtube tanpa video? Pasti hambar sekali kontennya.

Sebelum membuat upload file dengan bahasa pemrograman web, kita perlu menyiapkan form upload html terlebih dahulu agar bisa mengirim file. Karena sering ditemui dilapangan bahwa errornya hanya itu-itu saja. Jika bisa kita ketahui dari awal maka kita tidak perlu sampai menarik rambut untuk mencari errornya dimana(istilah orang bule kalau lagi stress mencari error).

Berikut hal yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan form html agar siap mengirim file.

  1. Pastikan di dalam tag <form> diberikan enctype=”multipart/form-data” .

Wajib ada atribut enctype untuk disertakan agar form mendeteksi bahwa nilai yang dikirimkan oleh form ada yang berupa file. Pada umumnya saat pertama belajar form html tidak menyertakan atribut ini.

  1. Berikan nama pada input upload yang unik dan jelas. Pemberian nama seperti ini umum terjadi namun membingungkan terutama bagi yang baru belajar.

<input type=”file” name=”name” />

Pada saat ingin membuat dua atau lebih upload file maka akan terjadi kebingungan saat script menerima file. Kenapa? Karena nama tag input nya sama. Jadi, biasakan memberikan nama yang jelas dan menggambarkan sisi file. Misalkan: name=”foto”, name=”file_pdf”.

Dengan demikian kita bisa menghemat waktu dari kegiatan mencari error yang tidak jelas :D. Semoga bermanfaat J .