Mungkin kita sebagai pemula dalam belajar Framework Codeigniter, terkadang kita suka kebingungan Perbedaan Antara base_url dan site_url Pada Codeigniter, sepintas mungkin terlihat sama namun berbeda, fungsi dari base_url() dan site_url() yaitu sama-sama mengambil sebuah URL pada Framework Codeigniter, dan untuk menggunakan base_url() dan site_url() kita terlebih dahulu harus mengaktifkan helper url terlebih dahulu pada folder config didalam file autoload.php seperti dibawah ini.

Oke teman-teman kita akan bahas  yang pertama yaitu base_url(), jika kita menggunakan base_url(), jika kita menjalankan sebuah url dengan menggunakan base_url() maka akan terlihat hasilnya http://namadomain/folder dan base_url() biasanya digunakan untuk file seperti CSS, JS, dan Image. Untuk contoh penggunaan base_url() seperti dibawah ini.

Oke teman-teman berikutnya kita akan bahas yaitu site_url(), jika kita menggunakan site_url() maka akan menghasilkan sebuah url atau alamat sebuah website beserta file indexnya, ketika kita menggunakan site_url() maka akan mendapatkan nilai seperti dibawah ini.

http://namadomain/folder/index.php

Pada site_url() biasanya digunakan untuk link sebuah url, dan site_url() digunakan untuk mengakses sebuah controller, contoh nya seperti dibawah ini.

Kesimpulannya Perbedaan Antara base_url dan site_url Pada Codeigniter adalah sebuah fungsi dari url helper, dan fungsi base_url digunakan untuk menjalankan url pada file, dan sedangkan fungsi dari site_url() digunakan untuk link seperti tag <a href=””>…</a>  dan untuk mengakses controller tertentu.

Bagaima teman-teman sudah cukup paham ya, tentang  Perbedaan Antara base_url dan site_url Pada Codeigniter nya, sekian dulu tutorial kali ini tentang Perbedaan Antara base_url dan site_url Pada Codeigniter.

Semoga bermanfaat

Terimakasih.