Pada artikel ini saya akan menyampaikan materi yang sedikit berbeda karena saya akan membahas tools, setelah sebelumnya saya  telah banyak membahas tentang PHP dan framwork :D. Baiklah langsung saja kita mulai dengan judul artikel yaitu Perbedaan Antara Text Editor Dengan IDE.


Setiap pekerjaan pasti ada saja alat pendukungnya , tujuanya jelas agar lebih mempermudah pekerjaan tersebut dan dapat di lakukan dengan maksimal, di dalam pengembangan aplilasi juga sama untuk membuat sebuah aplikasi kita membutuhkan yang namanya IDE atau Editor.

Apa perbedaan di antara keduanya ?
Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut kita harus tahu dahulu defenisi dari ,masing-masing tools tersebut,

IDE
IDE (integrated development environment) adalah perangkat lunak yang menyediakan beberapa fasilitas untuk pengembangan aplikasi software, meliputi: source code editor, debugger, intelligent code completion dan semacamnya, sedang Text Editor adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai editor kode, disamping juga memiliki fitur lain untuk mendukung fungsi utamanya.
Jika kita menggunakan bahasa pemprograman PHP untuk membangun sebuah website ada IDE yang sangat bagus untuk menunjang pekerjaan anda yaitu PHP STORM.

TEXT EDITOR
Speperti namanya text editor hanya berperan sebagai editor untuk membuat atau mengembangakan aplikasi , dia tidak banyak memiliki fitur yang menunjang kebutuhan pengembangan applikas, contoh dari editor adalah notepad++, sublime text.
Namun kelebihan dari editor adalah keringnanya dalam di gunakan tidak seperti IDE yang berat dan kadang tidak bisa di gunakan jika kita memiliki spek komputer atau laptop yang tidak mumpuni karena kaya akan fitur yang di benamkan ke dalamnya.

Perbedaanya antara ke duanya terletak di fitur yang di milikinya , jika IDE sangat banyak fitur yang di benamkan tetapi memiliki kekurangan yaitu cendrung berat saat di jalankan sementara text editor sangat sedikit fitur tetapi sangat ringan di pakainya.