SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language, sebuah perintah khusus yang berfungsi untuk mengakses data kedalam database, sql juga sering disebut dengan istilah query, atau bahasa untuk menjalankan sebuah perintah ke database, pada SQL terdapat sebuah perintah JOIN yang berfungsi untuk menghubungkan table yang satu dengan table yang lain yang saling berhubungan atau berelasi, maksudnya yaitu kita dapat menampilkan beberapa data dari table yang berbeda dengan menggunakan satu perintah. Nah pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang JOIN yaitu Perbedaan INNER JOIN, LEFT JOIN, dan RIGHT JOIN Pada SQL, jika kita lihat fungsi dari join tersebut sama-sama untuk menampilkan data dari table yang berbeda dengan menggunakan satu perintah sql, tapi ada sedikit Perbedaan INNER JOIN, LEFT JOIN, dan RIGHT JOIN untuk lebih jelasnya kita akan bahas satu persatu.

  1. Yang pertama kita akan membahas INER JOIN, INER JOIN yaitu sebuah perintah yang digunakan untuk menampilkan sebuah data atau record dengan menghubungkan dua table atau lebih dalam satu perintah, pada perintah inner join data yang akan ditampilkan hanyalah data yang memiliki pasangan saja, maksudnya yaitu data pada table tidak memiliki sebuah kesamaan maka data tidak akan ditampilkan. Berikut contoh sql nya seperti dibawah ini.

  1. Selanjutnya yaitu RIGHT JOIN, fungsi dari right join hampir sama dengan inner join namun pada right join akan membuat sebuah parameter pada sebelah kanan jika data pada table terdapat data atau record yang kosong atau tidak berelasi maka akan berisi NULL. Berikut contoh query nya seperti dibawah ini.

  1. Berikutnya yaitu LEFT JOIN, fungsi dari left join hampir sama dengan inner join dan right join, namun pada LEFT JOIN kebalikan dari RIGHT JOIN, jika pada right join akan membuat sebuah parameter di sebelah kanan namun pada left join akan membuat sebuah parameter dari table sebelah kiri, dan jika ada data atau record yang kosong atau tidak berelasi maka akan berisi NULL di sebelah kanan. Berikut contoh query nya seperti dibawah ini :

Oke teman-teman itulah Perbedaan INNER JOIN, LEFT JOIN, dan RIGHT JOIN Pada SQL, nah sekian dulu tutorial saya kali ini tentang Perbedaan INNER JOIN, LEFT JOIN, dan RIGHT JOIN Pada SQL.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.