Mungkin sebagian besar developer web sudah tidak asing lagi dengan yang namanya PHP Framework, ya Framework adalah salah satu cara developer mempersingkat script PHP mereka. Perkembangan Framework sendiri sangat begitu pesat, salah satu kemunculan Framework terbaru adalah Laravel Framework. Pengguna Laravel pun sudah tidak sedikit lagi.

Laravel sendiri telah menyediakan teknologi Composer untuk memudakan penggunanya, Composer sendiri adalah fitur (dependency) tambahan untuk PHP yang memiliki basis layaknya Command Line, dan berfungsi sebagai penginstall third-party plugin untuk aplikasi web secara cepat.

Bagi web master, Laravel adalah segalanya. Namun bagi seorang web developer yang baru saja belajar Framework, Laravel memiliki kerumitan tersendiri.

Laravel memiliki kelebihan  dari sisi scripting PHP 5.4+ yang dikenal dengan OOP Minded. Performa laravel sendiri juga cukup bagus, ini cocok dengan web master PHP yang sudah lama berkecimpung dengan menggunakan Framework.

Jika untuk developer yang baru saja belajar Framework, disarankan untuk memilih Codeigniter. Sebenarnya tidak masalah jika mau memilih belajar Laravel langsung, akan tetapi untuk lebih memahami prosedur MVC lebih disarankan untuk belajar menggunakan Codeigniter terlebih dahulu.

Namun walaupun Laravel populer dikalangan pengguna Framework, Codeigniter tidak kalah bersaing juga. Bagi penggunanya Codeigniter adalah Framework yang mudah dipahami dan mudah untuk mengaplikasikan nya.

Jadi sebenarnya Laravel dan Codeigniter sama saja, hanya perbedaannya ada di kerumitannya. Tergantung dari penggunanya, lebih nyaman dan mudah menggunakan yang mana.