Hallo sahabat Dumenity berjumpa lagi dalam tutorial kursuswebprogramming, pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang Perbedaan MYSQL VS MYSQLI di PHP.  MySQL dan MySQLi adalah ekstensi database PHP yang diimplementasikan dengan menggunakan framework extension PHP. Ekstensi database PHP digunakan untuk menulis kode PHP untuk mengakses database. Mereka mengekspos database API untuk menyediakan antarmuka untuk menggunakan fungsi database. Ekstensi MySQL tidak berlaku lagi dan tidak akan tersedia di versi PHP masa depan. Dianjurkan untuk menggunakan ekstensi MySQLi dengan PHP 5.5 dan yang lebih baru.

 

Perbedaan MySQL VS MySQLi

Banyak sekali perbedaan antara ekstensi database PHP ini. Perbedaan ini didasarkan pada beberapa faktor seperti kinerja, fungsi perpustakaan, fitur, manfaat, dan lain-lain.

Berikut ini beberapa perbedaan MySQL dan MySQLI;

NO

MYSQL

MYSQLI

1. Ekstensi MySQL ditambahkan di PHP versi 2.0. dan tidak berlaku lagi seperti PHP 5.5.0. Ekstensi MySQLi ditambahkan di PHP 5.5 dan akan bekerja di MySQL 4.1.3 atau di atas.
2. Tidak mendukung pernyataan yang disiapkan. MySQLi mendukung pernyataan yang disiapkan.
3. MySQL menyediakan antarmuka prosedural. MySQLi menyediakan antarmuka prosedural dan berorientasi objek.
4. Ekstensi MySQL tidak mendukung prosedur tersimpan. MySQLi mendukung prosedur penyimpanan.
5. Ekstensi MySQL tertinggal dalam keamanan dan fitur khusus lainnya, secara komparatif. Ekstensi MySQLi adalah dengan keamanan yang ditingkatkan dan peningkatan debugging.
6. Transaksi ditangani hanya dengan query SQL. MySQLi mendukung transaksi melalui API
7. Direktori ekstensi: ext / mysql  

 

Direktori ekstensi: ext / mysqli.

 

Meskipun ekstensi MySQL sudah tidak berlaku lagi, untuk kompatibilitasnya tetap tersedia. Tetapi jangan digunakan lagi jika teman – teman memulai sesuatu yang baru dan direkomendasikan untuk memigrasikan  dari mysql ke mysqi extension. Keunggulan MySQLi lainya Fungsi MySQLi mysqli_query () memungkinkan untuk menerapkan query rawan kesalahan dan mencegah bug seperti injeksi SQL.Dengan menggunakan data MySQLi, kita bisa mendapatkan buffer atau unbuffered berdasarkan ukuran sumber daya server.API MySQLi memungkinkan mengeksekusi beberapa query dengan satu ekspresi menggunakan fungsi multi_query ().Tutorial kode PHP ini terbit pada tanggal 30 Oktober 2013.

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Perbedaan MYSQL VS MYSQLI di PHP, semoga bermanfaat.