Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan perbedaan mysqli dan pdo. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, mungkin sebagian dari teman-teman belum mengerti perbedaan antara mysqli dan odbc, dan mungkin ada juga beberapa dari kalian masih menggunakan mysql untuk koneksi database di PHP dan untuk feature mysql tersebut sudah tidak berjalan di versi php 5 ke atas dan hanya berjalan di php versi 4.0 ke bawah. Tentunya untuk menjadi seorang developper web kalian harus mengikuti perkembangan teknologi yang akan digunakan, dan saatnya kalian beralih untuk menggunakan mysqli atau PDO dan terdapat perbedaan dari keduanya.

Berikut Penjelasannya

  • Mysqli

Untuk membuat koneksi di PHP versi 5 ke atas kalian bisa menggunakan fungsi MySQLi dimana feature tersebut hadir guna menggantikan fungsi atau feature dari MySQL yang sudah di deprecated. Fungsi MySQLi tersebut lebih up to date dimana bisa digunakan untuk object oriented maupun prosedural dan support prepared statement. Berikut cara penggunaannya :

  • PDO

Untuk membuat koneksi di PHP versi 5 ke atas kalian bisa menggunakan fungsi atau feature yang paling terbaru dimana fungsi PDO tersebut dapat mendukung banyak database. Selain koneksi untuk database MySQL, PDO tersebut mendukung Database lainnya seperti SQL SERVER, Firebird, IBM, Informix ODBC, Oracle, SQLite, PostgresSQL dan masih banyak lagi database yang mendukung fungsi PDO tersebut. Dan feature PDO tersebut adalah pilihan yang tepat untuk kalian gunakan. Berikut cara penggunaannya :

Sampai disini penjelasan saya mengenai perbedaan mysqli dan pdo. semoga bermanfaat.