Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan perbedaan print_r dan var_dump() di php. Mungkin sebagian teman-teman sudah tidak asing lagi jika mendengar kedua nya, namun ada juga diantara teman-teman yang masih bingung untuk perbedaan keduanya. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, fungsi dari print_r() dan var_dump() ialah tidak jauh berbeda, dimana fungsi dari sintax keduanya adalah untuk mencetak atau menampilkan suatu variabel di php.

print_r() adalah sintax php yang berfungsi untuk mencetak atau menampilkan suatu variabel tanpa menampilkan tipe data nya, sedangkan var_dump() adalah sintx php yang berfungsi untuk mencetak atau menampilkan suatu variabel beserta dengan tipe data dari masing-masing variabel tersebut.

Dan perlu teman-teman ketahui, tipe data terdapat beberapa macam berikut diantaranya :

  • Integer

Integer merupakan tipe data dengan bilanggan bulat , di mana tidak terdapat bilangan pecahan. Dan untuk rentang nilanya adalah -2,147,483,648 sampai dengan +2,147,483,647 . Rentang nilai di tersebut sama dengan tipe data long yang berlaku dalam bahasa pemrograman C.

  • Floating-Point

Tipe data ini merupakan tipe data dengan bilangan pecahan . Atau sama dengan tipe data DOUBLE jika di bahasa pemrograman C. Untuk lebar dari tipe data tersebut tergantung dari platform apa yang di gunakan dan pada umumnya lebarnya lebih dari tipe data Integer.

  • String

Tipe data ini lebih sering di gunakan dari pada tipe data yang lainnya . String merupakan kumpulan dari berbagai macam karakter. Teman-teman mungkin lebih mudah mengerti jika saya sebut string ini merupakan tipe data kata atau suatu kalimat . Untuk penulisan nya biasanya di apit oleh tanda petik satu maupun petik dua ( petik tunggal (‘) atau pun petik ganda(“) ).

Untuk lebih jelasnya lagi akan saya berikan contoh dengan masing-masing tipe data yang berbeda.

Berikut Contohnya :

Jika sudah save file teman-teman dan lihat outuput di browser teman-teman, sampai di ini penhelasan saya mengenai perbedaan print_r dan var_dump() di php, semoga bermanfaat.