Hallo sahabat,

Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan variable dengan konstanta. Sebelumnya saya akan uraikan terlebih dahulu apa si variable itu? Dan apa itu variable konstanta? Baik, silahkan sahabat simak definisinya dibawah ini.

Variabel: suatu elemen yang nilainya berubah-ubah atau tidak tetap.

Konstanta: suatu elemen yang nilainya sudah di tetapkan.

Nah, dari pengertian di atas kita sudah tau ya apa perbedaan diantara keduanya? Untuk lebih jelasnya, saya akan contohkan dalam script PHP nya. Silahkan sahabat perhatikan script PHP dibawah ini.

Perbedaan Variabel Dengan Variabel Konstanta

Script di atas merupakan contoh dari variable konstanta. Saya membuat variable konstanta “HALLO” dengan nilai “Ini adalah variable konstan”. Kemudian dibaris ke dua saya rubah nilainya menjadi “Variabel konstanta tidak boleh berubah”. Ketika saya jalankan script di atas, maka yang di tampilkan hanya nilai dari variable konstan yang pertama saja. Karena nilai variable konstan “HALLO” sudah ditetapkan sebelumnya, yaitu “Ini adalah variable konstan”. Berikut tampilan outputnya.

Perbedaan Variabel Dengan Variabel Konstanta

Berbeda halnya dengan variable tanpa konstanta. Kita dapat merubah nilai dari suatu variable. Perhatikan contoh sebagai berikut.

Perbedaan Variabel Dengan Variabel Konstanta

Coba sahabat perhatikan script di atas. Saya membuat variable $a dengan nilai “Hallo saya adalah variable”. Kemudian saya buat lagi variable $a dengna nilai yang berbeda yaitu “Ini juga variable”. Nah, kedua variable $a diatas akan di tampilkan tanpa ada error. Berikut tampilan outputnya.

Perbedaan Variabel Dengan Variabel Konstanta

Nah, sekarang sudah paham ya perbedaan antara variable dengan variable konstanta. Selamat mencoba di rumah ya sahabat, sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya 🙂