Percabangan adalah salah satu teknik dasar dalam bahasa pemrograman manapun. Percabangan ini bertugas untuk memilah suatu data dan disesuaikan langkah selanjutnya berdasarkan kondisi yang diproses. Pada bahasa PHP percabangan terdapat 2 cara yaitu dengan menggunakan if else atau yang sekarang akan kita bahasa yaitu menggunakan percabangan dengan switch case pada PHP.

Switch case ini adalah percabangan yang ada di PHP selain if else. Kegunaanya sebenarnya sama seperti if else. Perbedaanya adalah cara penulisan dan cara kerjanya sedikit berbeda. Untuk mengetahui perbedaanya kalian bisa ikuti contoh code berikut ini.

Form.php

Setelah sudah kalian simpan kedua file tersebut dapat satu folder yang sama, karena filenya saling terhubung satu sama lain. Karena format file ini adalah PHP, maka untuk menyimpan foldernya harus dalam folder htdocs. Untuk melihat hasilnya kalian harus buka melalui browser dengan mengakses localhost. Jika berhasil maka hasilnya akan muncul seperti ini.

Sekarang kalian bisa coba masukan kode berdasarkan petunjuk pada table. Maka hasilnya akan seperti ini.

Sekarang coba kembali dengan mengisikan kode sembarang kata. Maka hasilnya akan seperti ini.

Cara kerjanya sama seperti if else. Kata yang diinput akan dicocokan berdasarkan kondisi. Apabila salah satu kondisinya ada yang sesuai, maka perintah setelah kondisi tersebut akan dijalankan, jika tidak ada yang cocok, maka kondisi default lah yang akan dijalankan. Mudah bukan ?

Sekian pembahasan mengenai percabangan dengan switch case pada PHP. Semoga bermanfaat.