Pemrograman berorientasi objek (OOP) adalah model bahasa pemrograman yang diatur di sekitar objek daripada “tindakan” dan data daripada logika. Secara historis, sebuah program telah dipandang sebagai prosedur logis yang mengambil data masukan, memprosesnya, dan menghasilkan data output. Oke, sahabat dumenity pada tutorial kali ini saya akan membahas tentang sebuah Property dan Method Overriding di OOP. 

Kita dapat mengubah nilai property dari parent class dengan property di child class. Caranya dengan mendeklarasikan kembali property tersebut dan memberikan nilai yang baru di child class, ini dikenal dengan property overriding.

Hal yang sama juga bisa kita lakukan untuk method, tulis kembali method di child kelas ubah kodenya (implementasinya) di method yang baru. Pada dasarnya, overriding sama seperti proses replace file. Kita mengganti file dengan nama yang sama. Property dan method di child class yang meng-override property dan method dari parent class namanya sama untuk melakukan property dan method overriding lihat contoh dibawah ini teman – teman:

Property $merk dan method klakson() yang ada di class Mobil{} dideklarasikan kembali di class MobilSport{}. Maka hasilnya akan seperti di bawah ini:

Property dan Method Overriding di OOP

Nilai property $merk yang ditampilkan dan method klakson() yang dijalankan adalah yang di class MobilSport{}.
Property atau method overriding biasanya dilakukan ketika kita ingin memberikan implementasi yang berbeda pada suatu method / property yang sudah di deklarasikan pada parent class. oke cukup mudah bukan, semoga bermanfaat.