Mungkinkah belajar framework php bagi seorang yang masih buta soal internet. Tentu saja selalu ada peluang untuk menguasai framework php bagi siapapun. Tetapi upayakan bagi seorang pemula untuk setidaknya telah terbisa dengan akses internet dan segala macam aktivitasnya. Toh saat ini internet sudah bukan hal yang asing bagi kebanyakan orang, bukan? Nah, supaya lebih lancar dalam belajar framework php, ada beberapa tips sederhana bagi para pemula:

  • Ada banyak jenis framework dengan basis PHP. Bagi seorang pemula, disarankan untuk menggunakan CODEIGNITER. Ini merupakan framework paling mudah untuk dicontoh dalam merancang dan mengembangkan sebuah website. Ada banyak konsep dasar yang telah disediakan CODEIGNITER seperti data base, PHP, OOP dan sebagainya.
  • Karena¬† masih dalam tahapan awal, belajar framework membutuhkan ketekunan luar biasa. Tidak sekadar mencontoh kode atau script. Tapi selalu terapkan contoh-contoh tersebut untuk dikembangkan jadi kode yang lebih kompleks.
  • Untuk bisa menguasai framework, seorang pemula diharuskan memahami OOP atau Object Oriented Programming. Sehingga bisa menjadi dasar pengembangan framework dan membangun aplikasi.
  • Jangan pernah meremehkan contoh-contoh yang dengan mudahnya bisa kita copy paste, apalagi dengan kemudahan teknologi saat ini. Seorang programmer harus bisa membuat framework sendiri supaya bisa semakin mengasah kemampuan teknis.

Nah, demikianlah beberapa tips dasar untuk belajar framework yang nantinya bisa dikembangkan untuk keperluan pribadi atau profesional.