Belajar web programming dianggap sebagai hal rumit bagi kebanyakan orang. Membayangkannya saja sudah dipenuhi dengan rangkaian kode dan script rumit yang tak dipahami oleh orang awam. Tapi asalkan punya minat dan kemauan keras, belajar web programming sebetulnya bisa dijalani dengan mudah selama konsisten. Nah, berikut ini merupakan beberapa tips belajar web programming yang menekankan pada tahapan-tahapan latihan.

Memahami HTML dan CSS

Hyper Text Markup Language atau yang bisa disingkat dengan HTML. Tips dasar web programming mengharuskan kita memahami HTML yang sebetulnya bisa kita pahami dengan mudah. HTML terdiri dari elemen-elemen dasar dan detil dari sebuah website mulai dari garis, tautan, huruf dan sebagainya. Tapi belajar HTML tak mungkin tanpa memahami CSS atau Cascading Styles Sheet. Dengan memadukan dua komponen tersebut, kita bisa sedikit belajar dasar pembentukan dan desain website.

Memahami PHP

Untuk menyempurnakan sebuah tampilan website, misalnya dengan gaya interaktif, kita butuh PHP. Jadi, kita harus belajar PHP supaya bisa mempercantik desain dan fitur dari sebuah website.

Javascript

Latihan menggunakan Javascript punya prinsip serupa dengan PHP. Meskipun ada sedikit perbedaan yang terletak pada sintaks dan fungsi berbeda.

Framework

Untuk para pemula, direkomendasikan untuk belajar tentang CODEIGNITER sebagai langkah untuk mengembangkan Framework PHP. Dalam CODEIGNITER sudah meliputi data base yang cukup lengkap sehingga bisa dijadikan dasar latihan Framework.