Pada tutorial kali ini kita akan membahas Tips Untuk Meningkatkan Performa Framework Codeigniter, jika teman-teman sering menggunakan framework codeigniter ada beberapa tips yang harus teman-teman perhatikan supaya performa website yang kita buat menggunakan framework codeigniter lebih cepat sehingga pengunjung atau user tidak memerlukan waktu lama untuk melihat informasi yang terdapat pada website kita. Tips Untuk Meningkatkan Performa Framework Codeigniter yaitu :

  • Menghilangkan php pada url dengan cara menggunakan htaccess, secara default framework codeigniter terdapat index.php pada url-nya untuk file script htaccess-nya seperti dibawah ini :

  • Gunakan php untuk mengarahkan atau mengatur url yang kita inginkan, dengan menggunakan pola Regex taupun wildcards.
  • Kita bisa menggunakan file autoload seperlunya saja, karena jika semua libraries, helper, plugin, dll kita load pada file autoload maka akan dapat mempengaruhi kinerja dari website yang kita buat.

Namun ada baiknya kita me-load libraries, helper, plugin, dll pada folder terpisah atau di dalam folder core dan kita bisa buat sebuah file dengan nama MY_Controller.

  • Menyimpan semua konfigurasi dalam directori config, kita lebih disarankan untuk melakukan pengaturan atau konfigurasi pada folder application/config, sebagai contoh kita dapat membuat sebuah file form_validation.php untuk valiadasi kemudian file tersebut kita simpan pada folder application/config.
  • Filter semua inputan sebelum dimasukan kedalam database, kita harus memfilter semua inputan user sehingga data atau kode-kode aneh yang di inputkan ke dalam form akan di filter sebelum di masukan kedatabase.

Pada codeigniter kita bisa menggunakan perintah $config[‘global_xss_filtering’] = FALSE; yang terdapat pada folder application/config/config.php, yang default-nya FALSE akan kita rubah menjadi TRUE.

  • Kita tidak disarankan menggunakan PHP native jika ada source bawaan dari codeigniter, karena perintah-perintah yang terdapat pada codeigniter di ciptakan untuk membantu kita dalam membuat sebuah aplikasi atau website dan kode-kode yang terdapat pada codeigniter juga dapat mengurangi beban kerja dari dari website yang kita buat sehingga dapat meningkatkan performa dari website yang kita buat.
  • Hapus library atau helper yang tidak diperlukan untuk menghemat space server.
  • Membuat library atau helper yang sering kita gunakan. Kita lebih di sarankan untuk membuat library atau helper yang sering kita gunakan untuk menghindari coding atau membuat kode-kode program yang sama secara berulang-ulang.
  • Compression (memperkecil), berfungsi untuk memperkecil ukuran html sehingga data yang dikirimkan oleh server ke client lebih kecil dan lebih cepat.

Untuk mengaktifkan fitur ini pada framework codeigniter kita hanya cukup merubah $config[‘compress_output’] = FALSE; menjadi $config[‘compress_output’] = TRUE; pada folder application/config/config.php

  • Hindari ektensi .php ketika akan loading view. Pada saat kita hendak meload file yang ada pada view kita tidak di sarankan menggunakan ektensi .php kecuali ektensi yang kita akses berbeda seperti .html dll.
  • File cache. Cache berfungsi untuk mempercepat untuk pengaksesan suatu website, cache akan menyimpan halaman sebuah website yang sebelumnya telah pernah diakses, sehingga ketika halaman tersebut di akses kembali maka system akan menampilkan halaman yang terdapat pada cache.

Untuk kode dari cache codeigniter yaitu $this->output->cache(n)

n pada script diatas yaitu merupakan sebuah digit yang mempresentasikan berapa menit cache akan di simpan.

Untuk penggunaan cache tersebut kita hanya perlu menempatkan pada setiap fungsi yang terdapat pada setiap controller, namun cache tersebut sebaiknya kita tempatkan pada data yang bersifat static (tidak berubah-ubah) karena halaman tersebut akan diakses secara berulang-ulang.

Oke teman-teman itulah tutorial kita kali ini tentang Tips Untuk Meningkatkan Performa Framework Codeigniter.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.