Hallo sahabat dumenity bertemu lagi dalam tutorial dumetschool. pada kali ini saya akan membahas tentang Type Hinting dalam OOP. Dengan type hinting kita dapat menentukan tipe data yang diterima sebagai argument/parameter pada suatau method. Dengan demikian kita bisa meningkatkan keamanan data , karena sebelum data tersebut diproses dipastikan dulu apakah data tersebut sesuai dengan yang diharapkan. kalau data tidak sesuai tipenya maka akan dimunculkan error.

Jadi pada kali ini saya akan membahas type hinting untuk array yang sudah diterapkan mulai dari PHP versi 5. Oke langsung saja saya berikan contohnya.

Oke saya akan menjelaskan Skrip di atas:

  1. bAris 3 samapai 10. Fungsi hitungJarak() untuk menghitung jarak maksimum yang bisa ditempuh oleh sebuah mobil jika diisi sejumlah bensin ingat ya, istilah fungsi mengacu pada fungsi yang tidak ada dalam class. kalau fungsi ada di dalam kelas kita menyebutkannya method.
    fungsi hitungJarak() menerima argumen $mobils yang bertipe array. Array itu berisi merk mobil, efisiensi bahan bakar untuk setiap liter dan jumlah bensin yang diberikan.
  2. pada baris 12 sampai dengan 15. Array $kendaraan yang berisi 2 data.
  3. pada baris 17 menjalankan fungsi hitungJarak() dan memberikan array $kendaraan sebagai datanya Kalau $kendaraan bukan merupakan array, maka akan muncul pesan error.

Oke dari skrip di atas maka akan menghasilkan sebuah tampilan seperti berikut:

Type Hinting dalam OOP

Oke cukup mudah bukan, sekeian pembahasan tentang Type Hinting dalam OOP semoga bermanfaat.