Setelah sebelumnya saya telah membahas tentang Validation Rule Yang Sering Di Gunakan DI Laravel Bagian 1 , di artikel kaliini saya akan memberikan lanjutanya yaitu Validation Rule Yang Sering Di Gunakan DI Laravel Bagian 2 .

Sedikit untuk mengingatkan apa itu validasi di pembuatan aplikasi, Validasi memiliki tujuan untuk meberikan benteng terhadap aplikasi kita dari segala inputan yang tidak sesuai dengan kebutuhan aplikasi. misal user harus menginputkan email maka valiadasi bertindak sebagai pem-filter inputan agar user benar-benar menginputkan data berupa email.

1. min
Kolom inputan yang di bawah validasi ini harus memiliki nilai yang minimum, String, numerik, array, dan file dievaluasi dengan cara yang sama dengan aturan ukuran.

2. max
Kolom inputan yang di bawah validasi ini harus memiliki nilai yang maximum, String, numerik, array, dan file dievaluasi dengan cara yang sama dengan aturan ukuran.

3. unique
Kolom inputan di bawah validasi ini harus memiliki nilai yang unuk, maksudnya adalah nilai tersebut tidak ada atau tidak pernah di inputkan di dalam database table

4. mimetypes
File di bawah validasi harus sesuai dengan salah satu jenis MIME yang diberikan:

‘video’ => ‘mimetypes:video/avi,video/mpeg,video/quicktime’

5. nullable
Valiadasi ini di peruntukan untuk tipe data primitive seperti integer,string yang mana dapat berisikan atau mengndung bernilai null.

Baiklah itu sasaj dari saya, semoga bermanfaat dan sampai bertemu pada artikel selanjutnya.