php-elephantHallo teman-teman, apa kabarnya ? Semoga baik-baik saja yah, amin

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi artikel mengenai pengertian variable dan tipe data pada php, bagi teman-teman yang belum tau apa itu variable, yuk kita penjelasan berikut ini.

Variabel Dalam PHP

Variabel digunakan sebagai tempat penyimpanan data sementara. Data yang disimpan dalam variabel akan hilang setelah program selesai dieksekusi. Untuk penyimpanan data yang permanen, kita dapat menyimpan data di database atau di disk.

Variabel di PHP diawali dengan tanda $ , untuk dapat menggunakan variabel, ada dua langkah yang harus dilakukan yaitu deklarasi dan inisialisasi.
Deklarasi Variabel
Deklarasi variabel bisa disebut juga memperkenalkan atau mendaftarkan variabel ke dalam program. Dalam PHP, deklarasi variabel seringkali digabung dengan inisialisasi. Variabel dalam PHP dinyatakan dengan awalan $ seperti pada contoh berikut :
1
Ada beberapa aturan yang harus diikuti berkenaan dengan pemberian nama variabel, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.  Variable diawali dengan tanda $
2. Karakter pertama setelah tanda $ harus huruf atau garis bawah ( _ )
3. Karakter berikutnya boleh huruf, angka, atau garis bawah.
Inisialisasi Variabel
Inisialisasi variabel adalah mengisi nilai untuk pertama kalinya ke dalam variabel. Contoh inisialisasi melakukan inisialisasi Variabel adalah sebagai berikut :
2
Tipe Data Dalam PHP
Dalam bahasa pemrograman yang lain seperti delphi, visual basic, java dan lain sebagainya ada bermacam-macam tipe data yang harus dideklarasikan, misalnyainteger (bilangan bulat),float (bilangan pecahan), char (karakter angka dan huruf),string (kumpulan huruf atau kata), dan berbagai tipe data lainnya.
Baiklah teman-teman, cukup sekian penjelasan kali ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat, sampai ketemu dilain kesempatan 🙂