Framework PHP merupakan konsep yang bisa dimanfaatkan untuk mempercepat proses pengerjaan web atau Web Programming. Penjelasan yang paling mudah dari sebuah framework PHP bisa kita asumsikan sebagai sebuah template untuk merancang sesuatu. Misalnya kita akan membuat website. Lalu kita sudah merancang dan mempersiapkan sebuah desain yang setidaknya memenuhi standar dari website. Rancangan tersebut terdiri dari susunan kode dan script yang bisa sangat sederhana juga bisa lebih rumit.

Ketika kita akan membuat website lain, kita hanya perlu menggunakan template sebelumnya. Daripada membuat rancangan yang persis dengan template tersebut, kita bisa memodifikasi beberapa bagian dengan mengedit, mengurangi atau menambahkan elemen tertentu. Nantinya website tersebut akan berbeda tampilan dan fiturnya dari website sebelumnya. Tapi keduanya memiliki strukur atau kerangka yang sama. Nah, itulah yang kita sebut sebagai framework PHP.

Keuntungan dari framework PHP jelas akan memudahkan seorang programmer yang punya banyak order membuat website. Alih-alih mengulanginya dari awal, ia bisa menggunakan framework awal untuk kemudian dikembangkan lebih lanjut.

Salah satu ciri khas dari framework PHP adalah MVC atau Model View Controller. MVC merupakan konsep dasar yang kita gunakan untuk mengatur dan mengelola koneksi data base, tampilan web dan sistem pengendali (log in atau administrator). Untuk mempelajari framework pun sebetulnya sudah bisa kita lakukan dengan mengamati beragam contoh di internet.

WhatsApp chat