Halo teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat deret angka Fibonacci  yang selalu hadir didalam tugas maupun latihan tentang algoritma dan pemrograman. Biasanya deret ini diajarkan pada kuliah awal smester kuliah ataupun SMK.

Untuk Fibonacci sendiri adalah susunan angka yang berawal dari 0 dan 1, kemudian angka berikutnya didapat dengan cara menambahkan kedua bilangan yang berurutan sebelumnya. Dengan aturan ini, maka barisan bilangan Fibonaccci yang pertama adalah

0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377, 610, 987, 1597, 2584, 4181, 6765, 10946…

Penjelasan:

Barisan bilangan Fibonacci dapat dinyatakan sebagai berikut:

Fn = (x1n – x2n)/ sqrt(5)

dengan

  • Fnadalah bilangan Fibonacci ke-n
  • x1dan x2 adalah penyelesaian persamaan x2 – x – 1 = 0.

Perbandingan antara Fn+1 dengan Fn hampir selalu sama untuk sebarang nilai n dan mulai nilai n tertentu, perbandingan ini nilainya tetap. Perbandingan itu disebut rasio emas yang nilainya mendekati 1,618.

Kita kembali ke topik awal ya, jadi bagaimana cara membuat program untuk menghasilkan deret Fibonacci ini? Tentu terdapat banyak cara, misalnya dengan menggunakan rumus tertentu atau menggunakan fungsi rekursif. Pada kali ini saya akan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan prinsip sederhana.

Khusus untuk 2 angka pertama deret dibuat diluar perulangan, sedangkan sisanya akan diproses menggunakan perulangan for. Agar dapat lebih mengerti alur program diatas sebaiknya lakukan perumpamaan mulai dari loop pertama, kemudian catat nilai dari tiap-tiap variable: $output, $angka_sebelum dan $angka_sekarang

Cara Membuat Deret Angka Fibonacci Dengan PHP

 

Nah teman-teman ini dia hasilnya, semoga bermanfaat.

WhatsApp chat