Hallo teman teman balik lagi dengan saya Ismet Maulana kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang Bagaimana Cara Membuat Halaman Statis Menggunakan CodeIgniter, sekali kali belajar menggunakan codeigniter yah, bagi teman – teman yang yang belum familiar dengan codeigniter teman – teman bisa mengunjungi website resminya di https://codeigniter.com/ .

dan bagi teman teman yang yang sudah pernah belajar php native dan sudah memahami struktur dari CRUD pada php native mungkin akan mudah untuk menyerapnya, oke tanpa banyak cerita saya akan memulai teman teman bisa salinkan scriptnya dibawah sini, oh iya untuk itu jangan lupa di download terlebih dahulu yah framework codeigniternya disite reminya, oke jika sudah teman teman bisa salinkan script ini .

pada folder config difile routes teman teman bisa tambahkan ini :

dan di folder controller teman teman bisa tambahkan Halaman.php

lalu di folder view teman teman bisa buat nama folder pages . dengan nama file, test.php, kontak.php dan tentang.php

test.php

kontak.php

tentang.php

masih didalam folder view teman teman buat folder dengan nama templates, dengan nama file header.php dan footer.php

header.php

footer.php

Jika sudah di simpan lalu jalankan dengan memanggil nama folder atas nama tema teman, dan akan menampilkan output seperti ini :

teman teman bisa ketikan di url seperti ini, localhost/namafolder/index.php

dan ini untuk url localhost/namafolder/index.php/kontak

berikut juga dengan url localhost/namafolder/index.php/tentang

Cukup mudah bukan ? tetap semangat yah, cukup sekian tutorial tentang Bagaimana  Cara Membuat Halaman Statis Menggunakan CodeIgniter, sampai bertemu diartikel selanjutnya dan sampai jumpa .

Selamat mencoba .

#KeepLearn

#IsmetMA

WhatsApp chat