Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara mendapatkan uri segment di CodeIgniter. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, URI Segment merupakan singkatan dari ( Uniform Resource Identifier ), atau jika di php native bisa kalian analogikan sama seperti method get yang biasa digunakan untuk mengambil atau mengecek suatu nilai yang ditampung kedalam URL, namun untuk URI Segment tersebut dipisahkan dengan / (slash) sebagai pemisah dari masing-masing segment, dan untuk mengambil nilai-nilai tersebut bisa kalian definisikan dengan urutan segment nya masing-masing. Dan dari segment tersebut dimulai dari segment 1 sampai dengan seterusnya.

Seperti pada contoh URL dibawah ini :

Dari contoh URL tersebut sudah bisa kalian pastikan bahwa untuk nilai segment ke 1 adalah produk, dan untuk segment ke 2 adalah 1. dan untuk menentukan yang mana sebagai segment 1 tersebut bisa kalian lihat pemisah / (slash) setelah domain, dan itulah segment ke 1, dan untuk segment selanjutnya bisa kalian lihat lagi setelah pemisah / (slash) setelah nilai segment ke 1 tersebut.

Jika di php native, untuk mengambil suatu nilai dari url dengan method get kalian harus mendefinisikan variable atau inisial dari nilai tersebut setelah ? atau & namun jika di framework CodeIgniter kalian sudah dipermudah olehnya hanya dengan mendefinisikan sesuai dengan urutan segment tersebut dan di pisahkan dengan / ( slash ) dan dari bentuk URL tersebut sudah memenuhi standarisasi SEO yaitu URL friendly.

Dan dari URL diatas untuk mengambil nilai segment tersebut di CodeIgniter kalian bisa menggunakan fungsi seperti dibawah ini:

Selanjutnya kalian bisa gunakan nilai tersebut sesuai dengan kebutuhan kalian.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara mendapatkan uri segment di CodeIgniter, semoga bermanfaat.