Jika kalian sering belajar bahasa pemrogramana apa saja, pastinya kalian akan sering menemukan istilah array. Array adalah suatu variable yang dapat menyimpan data lebih dari satu. Fungsi array ini pada bahasa apapun akan sama fungsinya. Yang membedakan mungkin hanya bagaimana cara penulisanya di tiap bahasa. Array ini akan sangat berguna bagi kalian sebagai penyimpanan data sementara sebelum masuk ke database apabila kalian ingin memprosesnya lebih lanjut. Semua tergantung kebutuhan dari website kalian.

Berbicara mengenai array, pada bahasa pemrogramana PHP terdapat banyak sekali fungsi untuk memanipulasi array tersebut. Sesuai dengan pembahasan kali ini, kita akan belajar mencoba mengulik fungsi array yang ada pada PHP, salah satunya adalah array_merge. Yap, kita akan belajar mengenai fungsi array_merge pada PHP. Apa fungsinya array_merge ?. Dilihat dari namanya array_merge ini adalah fungsi PHP untuk menggabungkan 2 buah array menjadi satu. Sehingga apabila kalian mempunyai array banyak dan ingin disatukan, kalian cukup menggunakan fungsi array_merge. Cara penulisanya bagaimana ? kalian bisa ikuti langkah berikuti ini.

Buat file baru dengan format php lalu kalian bisa salin contoh code seperti dibawah ini.

merge.php

Jika sudah kalian simpan filenya. Jangan lupa untuk menyimpan filenya harus berada di folder htdocs kalian. Dan tentunya xampp kalian harus sudah aktif karena untuk melihat hasilnya tidak sembarang buka lewat browser. Kalian harus mengetikan localhost/namafolder/namafile. Jika berhasil maka tampilanya akan seperti ini.

Array yang sebelumnya kita buat menjadi dua yaitu variable array buah1 dan buah2. Kedua variable tersebut memiliki nilai masing masing seperti ini.

Lalu kita gabung menjadi satu dengan fungsi array_merge. Cara penulisanya seperti ini.

Menyatukan variable buah1 dan buah2 yang diapit dalam tanda kurung seperti script diatas. Untuk melihat hasil array tidak bisa menggunakan echo, maka dari itu pada contoh untuk melihat hasilnya kita menggunakan perinta print_r.  Kalian bisa gunakan fungsi array_merge ini untuk dikembangkan lagi pada contoh kasus website kalian.

Sekian pembahasan mengenai fungsi array_merge pada PHP. Semoga bermanfaat.

WhatsApp chat