PHP merupakan singkatan dari PHP Hypertext Prepocessor, yaitu sebuah bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk pembuatan sebuah website, pada php juga terdapat banyak fungsi-fungsi untuk mendukung jalannya sebuah proses tersebut namun, pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang Fungsi md5_file pada PHP. Seperti yang kita ketahui bahwa md5 merupakan fungsi yang terdapat pada php yang digunakan untuk mengenkripsi atau menyembunyikan sebuah file atau pun password, engkripsi juga berfungsi untuk sebagai keamanan. Namun md5 sangat sering digunakan pada konsep login yang terdapat pada beberapa aplikasi terutama aplikasi yang berbasis web, mungkin cukup banyak yang kita temui cms (Content Management System) yang menggunakan konsep dari md5 sebagai salah satu fitur keamanan dari sistem tersebut. Nah pada tutorial kali ini kita akan membahas mengenai Fungsi md5_file pada PHP.

Fungsi md5_file pada PHP hampir sama dengan md5() namun pada md5_file digunakan untuk mengenkripsi sebuah file, jadi file yang nantinya yang akan kita masukan ke database tidak mudah di ketahui oleh orang lain, sehingga file yang tersimpan nantinya akan berupa kode-kode acak seperti dibawah ini.

Cara penulisan dari md5_file yaitu teman-teman cukup menuliskan $nama_variable = md5_file(“nam_file”); nah biar teman-teman tentang penggunaan dari md5_file kita akan membuat sebuah contoh programnya seperti dibawah ini.

Untuk contoh script diatas pastikan di dalam folder yang teman-teman buat memiliki satu file yang ingin teman-teman sebunyikan atau enkrip. Selajutnya silahkan nama file yang terdapat pada script di atas teman-teman rubah dengan nama file yang terdapat pada folder teman-teman.

Jika kita buka pada browser maka akan terlihat hasilnya seperti di bawah ini.

Itulah fungsi dari md5_file untuk mengenkripsi sebuah file yang kita miliki sehingga file yang kita simpan lebih aman. Oke teman-teman sekian dulu tutorial kita tentang Fungsi md5_file pada PHP.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

WhatsApp chat