Pada zaman sekarang website bukanlah menjadi hal yang baru lagi, memiliki website sudah menjadi suatu keharusan baik untuk personal blog, bisnis, maupun website blog seperti portal berita, jika telah mempunyai website tentunya kita juga harus sedikit paham tentang apa itu malware?, terkadang banyak dari kita yang tidak mempedulikan tentang malware tersebut sehingga website yang kita punya menjadi target sasaran dari maware tersebut.

Malware adalah singkatan dari Malicious Software, artinya malware tersebut adalah sebuah software yang dirancang dengan tujuan untuk membahayakan, menyusup, ataupun, merusak suatu system kinerja dari computer itu sendiri.

Berikut jenis malware yang terdapat pada website

  • Backdoor

Backdoor adalah salah satu jenis malware yang bersarang pada website, biasanya backdoor ini menggunakan script shell-backdoor. Backdoor ini ditanam oleh hacker yang sudah menyusupi website anda.

  • PopUP Ads Malware

Jika Anda menggunakan CMS WordPress dan sering menggunakan theme atau plugins yang nulled (free) yang di download dari website yang tidak resmi, maka pasti kita pernah memukan ads yang menempel pada website tersebut, ads malware ini adalah termasuk malware injected, jadi dari script tersebut sudah terdapat infeksi malware. Ads tersebut bekerja jika kita membuka website terinfeksi kemudian akan di redirect ke website asing.

  • Phishing

Phishing ini juga termasuk salah satu bentuk dari malware yang berbahaya karena bisa digunakan untuk scamming. Yaitu bentuk dari penipuan atau seakan-akan menyamakan dengan aslinya. Hal tersebut biasanya terdapat pada halaman login ke internet banking, menampilkan form login seperti sebenarnya namun form tersebukan dari Bank resminya. Namun jika kita tidak waspada maka ketika kita login data-data kita bisa saja ke log hacker, dan data tersebut bisa saja dapat disalah gunakan.

  • Spamming

Jenis ini menjadi salah satu ancaman yang banyak kita jumpai pada pengguna website di internet. Cara kerja dari spamming ini yaitu, salah satu email account yang terdaftar di account hosing Anda dapat digunakan untuk mengirim email masal dan bertubi-tubi ke alamat yang berbeda, dan biasanya hacker menyiapkan email scam untuk mendapatkan data yang diinginkan dari target.

  • Ransomware

Malware jenis ini melakukan deny access atau menolak akses ke computer yang terkena Ransomware, dan biasanya korban diminta untuk memberikan uang dalam bentuk dollar, bitcoin, untuk menebus data-data computer yang telah di log.

  • Botnet Attack

Jenis ini sangat berbahaya dari beberapa jenis malware diatas, karena cara kerja dari malware ini melakukan attack seperti DDos, menyebarkan malware ke website lain, bahkan spam dan scam, Botnet Attack bekerja dengan dengan sebuah script yang tertanam di dalam server, dengan menggunakan cronjob maka botnet tersebut bisa berjalan otomatis sesuai dengan waktu yang di set pada cronjob.

Penyebab website terkena malware

Ada banyak penyebab kenapa website kita terkena malware, namun salah satunya jika kita menggunakan cms seperti wordPress  yaitu pada saat kita melakukan download theme dari website yang tidak resmi, karena pada saat kita mendownload template pada website yang tidak resmi itu biasanya sudah di inject script malware terlebih dahulu, selanjutnya kita juga harus memberikan validasi setiap form inputnya untuk meminimalisir di injectnya script malware.

Untuk penyebab berikutnya tentu kurangnya security dari website kita, kita harus menambahkan ssl pada url website yang kita punya, ataupun pengamanan lainnya demi menjaga data yang terdapat pada website kita.

Oke teman-teman itulah pembahasan kita pada tutorial Jenis dan Penyebab Website Terkena Malware.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

WhatsApp chat