Di Laravel untuk membuat Controller bisa mandiri atau yang artinya bisa  membuat secara sendiri dengan create file atau bisa juga dengan CMD dengan perintah dari PHP artisan Laravel. bagiamana cara membuat Controller denga  PHP Artisan dari Laravel ? Untuk langkah awal pastinya teman teman sudah memiliki file Laravel di server nya di XAMPP. 

Setelah itu coba teman teman CD atau masuk ke folder nya melalui CMD ke folder Laravel dan masukan perintah seperti gambar di bawah ini untuk mengetahui kita bisa membuat apa saja dengan PHP artisan Laravel.

phpartisanmakehhhhhhhhhhh

Bisa kita lihat terdapat make:controller , maka kita bisa menggunakan perintah tersebut untuk membuat controller, lalu ketikan di CMD nya lagi seperti contoh di bawah ini :

makeesvsjfbkjsdbfjkbwerjfn ef

Oke seperti di kotak merah fungsi untuk membuat controller dengan CMD , lalu jika telah muncul pesan successfully maka sudah sukses untuk membuat controller , lalu cek di folder App -> Http -> Controllers maka di dalam folder tersebut sudah terdapat file controller nya seperti contoh di bawah ini :

makeesvsjfbkjsdbfjkbwerjfn ef

selamat mencoba 😀

 

WhatsApp chat