Website dengan form adalah suatu hal yang sangat lumrah. Karena website sebagai media peranta antara pemilik website dengan para pengunjung yang bila kedepanya ingin tetap menjaga komunikasi, maka diperlukan pengisian form agar data pengunjung dapat kita simpan. Selain untuk mendata siapa saja pengunjungnya, bisa juga sebagai saran informasi bila ada berita/hal terbaru yang ingin disampaikan kepada pengunjung tersebut.

Berbicara tentang form, tentu tidak lepas dari yang namanya textbox. Textbox ini adalah suatu kolom untuk mengisikan data yang berupa text. Kalian pasti sudah sering melihat berbagai macam textbox dengan berbagai rupa. Namun fungsinya tetap untuk menuliskan data diri kalian berupa text. Pada Artikel kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat saran nama dengan Ajax dan PHP. Untuk membuat hal tersebut kita tentunya menggunakan textbox. Lalu apa yang dimaksud dengan saran nama tersebut ?.

Membuat saran nama adalah ketika kalian mengetikan beberapa karakter huruf pada textbox, kemudian akan muncul sebuah informasi tentang saran kata yang akan kalian tuliskan berdasarkan karater yang kita tulis. Misalnya pada contoh kali ini kita akan membuat saran nama, jadi apabila kalian ketik huruf Al.., Maka nanti kemungkinan kata yang akan muncul adalah misalnya Alam, Ali, Alis,dll. Seperti itu kira-kira gambaranya.

Oke selanjutnya kita mulai untuk codenya, kalian bisa ikuti code dibawah ini.

index.html

kemudian buat satu file lagi seperti ini.

gethint.php

Save kedua file tersebut. File pertama berformat HTML dan yang kedua berformat PHP. Simpan kedua file tersebut kedalam folder htdocs kalian. Lalu lihat hasilnya lewat browser dengan mengetikan localhost/nama_folder/nama_file.html

Jika berhasil maka tampilanya akan seperti ini.

Saat mengetikan huruf a, maka dibawahnya akan muncul saranya.

Mudah bukan ?

Sekian pembahasan mengenai cara membuat saran nama dengan Ajax dan PHP. Semoga bermanfaat.

WhatsApp chat