Laravel Livewire merupakan full-stack framework yang digunakan untuk laravel, yang memungkinkan kita untuk membuat antar muka dinamis dengan secara mudah, tanpa menghilangkan fungsi dan kenyamanan kita dalam menggunakan framework laravel jadi untuk struktur script dan penulisan dari kondingnya masih menggunakan laravel. Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang Mengenal Apa Itu Laravel Livewire.

Untuk fungsi dari livewire ini sebenarnya yaitu kita dapat membuat web modern tanpa menghilangkan kenyamanan kita dalam menggunakan framework laravel.

Jika biasanya kita menggunakan frontend framework seperti Vue.js ataupun react. Biasanya kita membutuhkan API untuk mengambil data dan menampilkan datanya, namun jika kita menggunakan laravel livewire kita membuat dua file pada saat kita membuat component livewire. Untuk file pertama adalah Class PHP yang cara kerjanya mirip seperti controller pada laravel, sedangkan file yang kedua adalah file view, berfungsi untuk menampilkan data di livewire sama seperti kita menampilkan data pada laravel yaitu pada view.

Untuk cara kerja dari livewire ini yaitu seperti dibawah ini :

  1. Livewire merender component awal dengan sebuah halaman (seperti Blade @include) dengan cara tersebut akan menjadi seo friendly.
  2. Ketika terdapat interaksi, livewire membuat ajax request dengan data yang terbaru.
  3. Server akan merender ulang component dan meresponse dengan HTML yang baru.
  4. Kemudian secara pintar Livewire memutasi DOM sesuai dengan hal-hal yang berubah.

Livewire hanya menghandalkan Ajax request untuk melakukan semua komunikasi servernya dan tidak menggunakan websockets.

Mungkin jika lihat dari penjelasan diatas kita agak sedikit bingung cara kerja dari livewire ini, namun setelah kita praktek dan membuat beberapa study casenya nanti diharapkan teman-teman menjadi lebih sedikit paham apa itu yang maksud dengan livewire ini.

Oke teman-teman itulah pembahasan kita pada tutorial Mengenal Apa Itu Laravel Livewire.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

WhatsApp chat