Pada materi kali ini kita akan membahas tentang Mengenal Fungsi Web Service Menggunakan Laravel dan VueJs, namun sebelum kita membahas tentang web servicenya kita harus paham terlebih dahulu Apa itu API, API adalah antar muka yang terdiri dari kumpulan kumpulan fungsi yang dapat diakases atau dijalankan oleh program atau aplikasi lain yang saling berkomunikasi untuk melakukan pertukaran data dan dapat kita analogikan sebagai jalur penghubung dari program atau aplikasi client ke web api atau web service.

Jadi api ini merupakan penghubung antara aplikasi dengan web service, sebagai contohnya jika kita pernah membeli tiket pesawat pada aplikasi traveloka maka traveloka tersebut akan menampilkan jadwal penerbangan dan harga dari setiap maskapainya, untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan tersebut dibutuhkanlah yang namanya api sebagai sarana penghubung antara aplikasi dengan maskapai, nah data dari maskapai tersebutlah yang dinamakan dengan web service yang mana data tersebut dapat di gunakan oleh banyak client untuk menampilkan data-data yang dibutuhkan pada aplikasinya.

Biar teman-teman lebih paham tentang apa itu web service teman-teman bisa lihat gambar skema dibawah ini :

Mengenal Fungsi Web Service Menggunakan Laravel dan VueJs

Ket :

Pada gambar diatas merupakan contoh web service, jadi web service itu merupakan contoh sebuah perangkat lunak yang dibuat sebagai jalur penghubung untuk dapat saling berinteraksi melakukan pertukaran data antar aplikasi yang berbeda tentunya melalui jaringan baik berbasis web atau aplikasi. nah nanti pada tutorial selanjutnya kita akan membahas bagai mana cara membuat web service tersebut dengan menggunakan laravel dan vue.js, nanti framework laravel akan menjadi web service dan sedangkan vue.js akan kita gunakan sebagai client.

Pada umumnya terdapat dua jenis web service atau web api yaitu :

  • SOAP (Simple Object Access Protocol)
  • REST (Representational State Transfer)

Nah untuk contoh implementasi project web servicenya nanti kita akan menggunakan point yang kedua yaitu REST (Representational State Transfer). Munkin kita juga sering mendengan istilah REST API atau RESTfull API.

REST API atau RESTfull API merupakan architectural style atau gaya perancangan dari Web API atau Web Service yang dibuat dan diperkenalkan  pertama kali oleh Roy Fielding yang merupakan hasil penemuan dari penelitian S3nya. Protocol yang digunakan adalah HTTP (Hyper Transfer Protocol).

Perbedaan antara REST API dan RESTfull API hanya terdapat pada penggunaan HTTP method yang digunakan sebagai penanda dari kebutuhan web API atau web service yang dibuat di dalamnya berikut method-method apa saja yang digunakan oleh REST API dan RESTfull API seperti dibawah ini :

  • REST API,

Pada REST API lebih sedikit method yang digunakan umumnya hanya mencakup dua HTTP Method yang di gunakan  yaitu GET dan POST.

  • RESTfull API

Pada RESTful API mencakup semua HTTP Method yang digunakan, namun pada umumnya  method yang sering digunakan untuk aksi CRUD yaitu GET, POST, PUT, PATCH, dan DELETE.

Oke teman-teman itulah pembahasan kita tentang  Mengenal Fungsi Web Service Menggunakan Laravel dan VueJs.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

WhatsApp chat