Pada materi Mengenal Tentang Apa Itu Ionic Framework kita akan membahas tentang fitur-fitur apa saja yang terdapat pada Ionic Framework dan menggapa kita harus belajar Framework yang satu ini, Ionic Framework merupakan salah satu framework dari javascript yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi berbasis android ataupun ios, karena tidak di pungkiri lagi bahwa pada saat sekarang ini hampir rata-rata orang menggunakan smartphone, seiring dengan kemajuan teknologi tersebut banyak perusahaan berlomba-lomba untuk membangun aplikasi mobile. Sedangkan kebutuhan mobile develop tidak sebanding dengan jumlah developer yang ada. Dari sini munculah fakta mobile programmer selalu ada lowongan pekerjaan.

Ionic sendiri merupakan sebuah framework yang di kususkan untuk membangun aplikasi mobile hybrid dengan menggunakan HTML 5, CSS dan Angular JS. Ionic juga menggunakan Node.js, SASS, nantinya Angular JS sebagai engine-nya.

Pada Ionic dilengkapi dengan component-component CSS seperti button, card, list, form, grids, tabs, dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya. Jadi Ionic ini memerupakan salah satu framework yang dapat kita gunakan untuk membuat suatu aplikasi yang berbasis mobile seperti took online, company profile, portal berita, ataupun aplikasi lainnya. Karena ionic ini hybrid maka kita hanya cukup membuat aplikasi hanya dibuat 1 kali dengan menggunakan ionic maka sudah dapat dapat di gunakan lebih dari satu platform.

Kelebihan dari ionic ini yaitu

  1.  kita dapat mempersingkat waktu pengerjaan dalam mengembangankan aplikasi berbasis mobile,
  2. Karena ionic bersifat hybrid maka kita hanya membuat memerlukan coding satu kali dan aplikasi dapat di build untuk beragam perangkat atau platform,
  3. Source pada ionic juga bersifat open source artinya kita dapat mengembangkan atau membuat aplikasi yang yang kita inginkan secara gratis baik untuk kepentingan pribadi maupun komersil.

Jika teman-teman ingin mempelajari framework yang satu ini maka teman-teman wajib mempelajari beberapa bahasa pemrograman di bawah ini :

  1. HTML/CSS/Bootstrap/PHP/JavaScript
  2. Nama Komponen visual pada mobile App (Android/IOS)
  3. AngularJsS
  4. Dasar-dasar NodeJS/NPM
  5. Phonegap/Apache Cordova
  6. Comment Line (CMD/Bash/terminal Linux/ConEmu)
  7. Cara mem-build / compile

Oke teman-teman itulah pembahasan kita tenang Mengenal Tentang Apa Itu Ionic Framework, selamat belajar semoga teman-teman bisa jadi programmer yang handal.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

WhatsApp chat