Hallo teman-teman, bertemu lagi dengan saya, dan dihari yang cerah ini semoga teman-teman sehat selalu ya dan tetap semangat dalam mencari ilmu. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Perbedaan Antara POP dan OOP.

Pertama-tama saya akan menjelaskan tentang Pemrograman Prosedural (POP). Apa sih yang dimaksud dengan Pemrograman Prosedural (POP) ? jadi Pemrograman Prosedural adalah pemrograman yang dilakukan dengan memberikan serangkaian perintah yang berurutan. Paradigma ini didasari oleh konsep mesin Von Newman (stored program concept) sekelompok tempat penyimpanan (memori), yang dibedakan menjadi memori instruksi dan memori data, masing-masing memori tersebut dapat diberi nama dan nilai, selanjutnya instruksi akan dieksekusi satu persatu secara sekuensial oleh sebuah proses tunggal.

Sedangkan Pemrograman Berorientasi Object (OOP) adalah merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya. OOP lebih mudah dipelajari bagi para pemula dan lebih mudah dikembangkan dan dirawat.

Jadi seperti itulah Perbedaan Antara POP dan OOP. Untuk kedepannya  ya teman-teman yang memutuskan ingin menerapkan POP atau OOP dalam program atau aplikasi yang teman-teman buat.

Sekian untuk pembahasan kali ini tentang Perbedaan Antara POP dan OOP. Tunggu artikel selanjutnya jika teman-teman ingin mengenal lebih dalam lagi mengenai POP dan OOP. Semoga dapat bermanfaat.

Terimakasih

WhatsApp chat