Pada materi kali ini kita akan membahas tentang Perbedaan Web Server dan Web Client Server, Web server adalah software yang menjadi tulang belakang dari word wide web (www). Pada web server akan menerima perintah dari client yang menggunakan browser seperti chrome, fire fox, safari, ataupun browser lainnya. Jika terdapat permintaan dari browser maka web server akan memproses permintaan tersebut kemudian akan memberikan hasil dari proses tersebut berupa data, data tersebut juga memiliki format standar yang di sebut juga dengan SGML (Standard General Markup Language).

Pada web server untuk berkomunikasi dengan client (web browser) mempunyai sebuah protocol sendiri yaitu HTTP (hypertext transfer protocol). Dengan adanya protocol tersebut komunikasi antar web server dengan client dapat saling dimengerti dan lebih mudah. Untuk format data pada www (word wide web) adalah SGML. Namun untuk pengguna internet pada saat ini lebih banyak dan lebih cendrung menggunakan format HTML (hypertext markup language) karena script yang digunakan lebih sederhana dan lebih mudah untuk di pelajari.

Hypertext mempunyai arti yaitu seorang pengguna internet dengan web browser dapat membuka dan membaca document-document yang terdapat didalam computer. Artinya pengguna internet dapat membaca dari satu document ke document lainnya hanya dengan mengklik beberapa bagian dari halaman document (web) itu.

Proses yang dimulai dari permintaan web client (browser) kan di terima oleh web server, di proses dan dikembalikan hasil prosesnya oleh web server ke web client lagi yang dilakukan secara trasparan. Setiap orang akan dengan mudah mengetahui apa yang terjadi pada tiap-tiap proses, jadi kesimpulannya web server hanya memproses semua masukan yang diperoleh dari web client.

Client server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak, diantaranya yaitu pihak client dan pihak server.

Didalam metode client server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian terpisah, namun masih memiliki keterkaitan antara komponen client dan komponen server. Komponen client biasa yang kita kenal dengan front-end sedangkan komponen server biasa di sebut dengan back-end.

Komponen client dari aplikasi dijalankan dalam sebuah workstation dan menerima masukan dari pengguna. Pada komponen client akan menyiapkan data yang dimasukan oleh pengguna dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu dan mengirimkan kepada komponen server yang dijalankan di atas mesin server. Komponen server akan menerima request terhadap beberapa layanan yang dimiliki oleh server.

Oke teman-teman itulah pembahasan kita tentang Perbedaan Web Server dan Web Client Server.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

WhatsApp chat