Hallo teman – teman, kali ini saya akan membahas mengenai Framework. Apa sih Framework itu? Dan apa fungsi nya? Ada berapakah jenis Framework ? Nah, disini saya akan membahasnya secara singkat dan mudah – mudahan bisa memberi gambaran untuk anda mengenai Framework ini.

Pengertian Framework dan Fungsinya

Pengertian Framework

Framework atau kerangka kerja adalah sekumpulan perintah atau fungsi dasar yang dapat membatu menyelesaikan proses – proses yang lebih komplek. Framework juga memudahkan para programmer membuat aplikasi atau web yang isinya adalah berbagai fungsi, plugin, dan konsep sehingga membentuk suatu sistem tertentu. Dengan menggunakan framework, sebuah aplikasi akan tersusun dan terstruktur dengan rapi.

Secara umum Framework menggunaka struktur yang sama yaitu menggunakan struktur MVC (Model View Controler), jadi gambaran nya adalah seperti ini input – processing – output = model – controller – view.

  • Model, mencakup semua proses yang berhubungan dengan pemanggilan struktur data, seperti pemanggilan funsi, input prosesing ataupun output ke browser.
  • Controler,mencaku psemua proses yang terkait dengan pemanggilan database dan kapsulisasi proses – proses utama. Jadi, di bagian ini ada file bernama member.php, maka semua proses yang terkait dengan member akan dikapsulisasi / dikelompokan dalam file ini.
  • View, mencakup yang berhubungan dengan layout atau tampilan di browser. Bisa untuk menaruh tamplate interface website atau aplikasi

Fungsi Framework

  1. Dapat membantu kerja developer dalam membangun aplikasi sehingga aplikasi bisa selesai dalam waktu yang singkat.
  2. Penerapan Design Patterns memudahkan dalam rancangan, pengembangan dan pemeliharaan sistem.
  3. Stability dan Reability aplikasi yang kita bangun lebih stabil dan handal karena berbasis pada Framework yang sudah teruji stabilitas dan kehandalannya.
  4. Coding Style konsisten, memudahkan dalam membaca kode dan dalam menemukan bugs
  5. Security Concern, Framework mengantisipasi dan memasang perisai terhadap adanya berbagai masalah keamanan yang mungkin timbul.
  6. Dokumentasi, Framework dapat mendisiplinkan kita untuk menulis dokumen untuk apa yang kita tulis.