Memahami Struktur Folder Pada Laravel Part 1

Memahami Struktur Folder Pada Laravel Part 1

Sebelum kita belajar laravel, kita harus memahami struktur folder pada laravel tersebut, dengan memahami kegunaan dan struktur foldernya nantinya kita akan lebih mudah dalam membangun sebuah aplikasi. Berikut struktur folder pada laravel yang harus kita pahami.

  • app/Http/Controller

Seperti biasanya framework PHP yang berbasis MVC (View, Model, Controller), pada folder inilah nantinya seluruh controller ditempatkan. Didalam folder controller kita juga dapat menambahkan sub folder untuk memilah milah controller sesuai dengan kebutuhan.

(more…)
Perbedaan Web Server dan Web Client Server

Perbedaan Web Server dan Web Client Server

Pada materi kali ini kita akan membahas tentang Perbedaan Web Server dan Web Client Server, Web server adalah software yang menjadi tulang belakang dari word wide web (www). Pada web server akan menerima perintah dari client yang menggunakan browser seperti chrome, fire fox, safari, ataupun browser lainnya. Jika terdapat permintaan dari browser maka web server akan memproses permintaan tersebut kemudian akan memberikan hasil dari proses tersebut berupa data, data tersebut juga memiliki format standar yang di sebut juga dengan SGML (Standard General Markup Language).

(more…)
Cara Membuat Data Record Dummy Ke Dalam Table Database

Cara Membuat Data Record Dummy Ke Dalam Table Database

Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang bagainama Cara Membuat Data Record Dummy Ke Dalam Table Database, namun sebelum kita membahas tentang membuat data dummy-nya pastikan teman-teman telah menyiapkan project yang akan teman-teman gunakan untuk mengisikan data dummy-nya, pada project kali ini saya menggunakan framework laravel versi 5.8.

Record Dummy ini berfungsi untuk memudahkan kita dalam menginputkan data untuk keperluan testing, untuk menginputkan data dummy ini nantinya kita akan menggunakan fungsi dari laravel yaitu seeder.

(more…)
Cara Membuat REST API Menggunakan Laravel dan Vue Part 1

Cara Membuat REST API Menggunakan Laravel dan Vue Part 1

Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang Cara Membuat REST API Menggunakan Laravel dan Vue, namun sebelum kita pembuatan REST API menggunakan laravel dan vue.js teman-teman harus memahami apa itu yang dimaksud dengan versioning, karena konsep REST API yang akan kita buat nanti akan menggunakan konsep versioning, untuk pembahasan dari versionng teman-teman bisa lihat pada tutorial https://kursuswebprogramming.com/mengenal-apa-itu-versioning-pada-api/ setelah teman-teman memahamin konsep dari versioning sekarang kita akan focus bagai mana cara membuat REST API-nya.

(more…)
Cara Mudah Membuat Sub Menu Dropdown Menggunakan Bootstrap

Cara Mudah Membuat Sub Menu Dropdown Menggunakan Bootstrap

Mungkin untuk teman-teman yang sering membuat website atau mencari tutorial tentang website mungkin framework yang satu ini sudah tidak asing lagi yaitu bootstrap, seperti yang kita ketahui bahwa bootstrap merupakan sebuah library framework dari CSS yang dibuat khusus untuk mengembangan sebuah website dari segi front-end website. Bootstrap juga menjadi salah satu framework HTML, CSS, dan Javascript yang cukup populer dikalangan web developer. Untuk saat ini hampir semua tampilan website menggunakan bootstrap karena bootstrap lebih mudah untuk dipahami, lebih cepat, dan memudahkan kita dalam membuat sebuah tampilan yang lebih responsive.

(more…)
Mengenal Apa Itu Versioning Pada API

Mengenal Apa Itu Versioning Pada API

Pada materi kali ini kita akan membahas tentang Mengenal Apa Itu Versioning Pada API, Version API merupakan konsep yang kita gunakan untuk membuat versi pada API yang mana versioning tersebut berfungsi untuk mengelompokan resource (sumber daya) menjadi beberapa bagian sesuai dengan versi yang dibuat, konsep pada versioning ini sangat efektif dan efisien jika kita gunakan untuk jangka panjang dalam penggunaan dan perawatan resource API. Kerena pada saat terdapat perubahan pada resource yang sudah berjalan pada saat ini tanpa merubah script yang lama maka kita buatlah version yang baru dari versi yang sebelumnya yang sudah ada. Sehingga source dengan versi yang lama tidak mempengaruhi source versi yang terbaru.

(more…)
WhatsApp chat