Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang bagai mana Cara For Loop Menggunakan Bahasa Pemrograman Python. Perulangan for disebut juga dengan counted loop (perulangan yang terhitung). For loop digunakan untuk melakukan perulangan atau interaksi sampai batas range yang telah kita tentukan dan for juga biasa digunakan untuk melooping kode yang sudah diketahui banyak perulangannya.

untuk membuat looping dengan menggunakan bahasa pemrograman python dari cara konsep hampir sama dengan Bahasa pemrograman lainnya namun pada python ada sedikit berbeda dan lebih simple, untuk struktur penulisan for pada python yaitu seperti dibawah ini :

oke teman-teman biar lebih paham tentang Cara For Loop Menggunakan Bahasa Pemrograman Python kita akan membuat sebuah contoh sederhana seperti dibawah ini :

  1. Yang pertama kita akan membuat sebuah looping for dengan menggunakan range untuk scriptnya seperti dibawah ini :

  1. Berikutnya kita dapat melakukan looping for dengan menggunakan komponen yang terdapat di dalam list, jadi kita dapat me-looping dan menampilkan semua komponen yang terdapat di dalam list tersebut untuk penulisannya seperti dibawah ini :

Pada python juga terdapat sebuah method (len()) yang berfungsi untuk menghitung panjang dari list setiap itemsnya jika kita jalankan fungsinya maka hasilnya yaitu panjang dari list tersebut seperti dibawah ini:

  1. Kemudian kita juga bisa mengurutkan string dengan menggunakan for untuk contohnya seperti dibawah ini :

  1. Untuk selanjutnya kita akan membuat for di dalam for untuk stuktur penulisannya seperti dibawah ini :

Oke teman-teman itulah pembahasan kita tentang Cara For Loop Menggunakan Bahasa Pemrograman Python.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

WhatsApp chat