Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara install virtualenv python di django. Bagi teman-teman yang belum mengetahui apa itu Virtualenv ada baiknya kalian harus tahu terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi di project django yang kalian buat. Virtualenv adalah tools dari sebuah lingkungan virtual yang bisa kalian gunakan untuk memudahkan kalian dalam melakukan instalasi dan penggunaan beberapa dependencies untuk banyak project yang nantinya kalian kerjakan, karena system yang kalian buat nantinya akan terpisah atau terisolasi dari system operasi utama. Dalam Virtual Environment kalian dapat melakukan atau menginistall apapun tanpa harus merubah configuration system global pada OS yang kalian gunakan nantinya. Untuk membuat atau melakukan instalasi Virtualenv tersebut kalian bisa ikuti tahapan-tahapan seperti yang saya berikan dibawah ini.

Berikut Tahapannya :

  • Buka terminal atau CMD (Command Prompt) dan arahkan ke dalam directory folder project django kalian
  • jika sudah selanjutnya kalian bisa ketikan perintah command line seperti dibawah ini :
  • Setelah kalian berhasil membuat Virtual Environment tersebut maka akan terdapat folder baru didalam folder project kalian dengan nama env, selanjutkan kalian dapat mengaktifkannya terlebih dahulu dengan mengetikan perintah command line seperti dibawah ini :
  • Sampai disini kalian sudah berhasil membuat atau melakukan instalasi Virtualenv didalam folder project Django python kalian.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara install virtualenv python di django, semoga bermanfaat.

WhatsApp chat