Vue.js merupakan salah satu framework javascript yang cukup mudah untuk kita pahami, Vue.Js juga merupakan progressive framework yang berfokus kepada pengembangan website dalam bentuk tampilan dari sebuah website. Pada Vue.js memilki banyak keunggulan salah satunya yaitu kita dapat menggabungkan atau dikombinasi dengan berbagai script atau library salah satunya yaitu vue.js dapat dikombinasikan dengan menggunakan framework Laravel.

Untuk situs resmi dari vue.js teman-teman bisa kunjungi website vue.js nya yaitu https://vuejs.org/. Pada materi kali ini kita akan membahas tentang Cara Melakukan Instalasi Vue.js pada Framework Laravel.

Cara Melakukan Instalasi Vue.js pada Framework Laravel langkah pertama teman-teman harus menginstal framework laravelnya terlebih dahulu, pada tutorial kali ini kita menggunakan laravel versi 5.8. untuk menginstal laravel tersebut teman-teman bisa ketikan perintah dibawah ini pada cmd atau terminalnya :

dan

Setelah teman-teman berhasil menginstal laravelnya kita akan menjalankan project laravel tersebut, dengan mengetikan php artisan serve kemudian di enter maka akan terlihat seperti dibawah ini :

Cara Melakukan Instalasi Vue.js pada Framework Laravel

Jika kita jalankan pada browser dengan mengetikan localhost:8000 maka akan terlihat hasilnya seperti dibawah ini :

Cara Melakukan Instalasi Vue.js pada Framework Laravel

Kemudian jika semua proses install-nya berhasil pada pada folder resources/js/components/ ExampleComponent.vue

File ExampleComponent.vue merupakan sebuah file vue.js default bawaan dari laravel, nah nantinya pada folder components tersebutlah file-file vue.js akan kita masukan.

Berikutnya kita akan melakukan instalasi untuk npm-nya npm tersebut merupakan singkatan dari (Node Module Manager), fungsi dari npm tersebut diantaranya yaitu :

  1. Membuat project baru.
  2. Mengisntall module atau library yang kita butuhkan pada saat mendevelop suatu program
  3. Menjalankan script yang terdapat pada commend line

Nah pada project kali ini kita akan mencoba menginstal npm yang nantinya akan sering kita gunakan pada saat mendevelop suatu program, silahkan teman-teman ketikan pada terminalnya npm install, jika install npm berhasil jika kita ketikan pada terminalnya npm –version maka akan muncul versi dari npmnya seperti dibawah ini :

Cara Melakukan Instalasi Vue.js pada Framework Laravel

Oke teman-teman itulah pembahasan kita tentang Cara Melakukan Instalasi Vue.js pada Framework Laravel.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

WhatsApp chat