Cara Membuat Autocomplete Dengan PHP dan MySQL – Dalam sebuah website atau aplikasi tentu ada beberapa fitur yang bisa membantu. Sebagai contoh kasus yang dibahas sekarang bagaimana cara membuat autocomplete dengan php dan mysql. Nah fitur pencarian disini amatlah penting dalam membantu pengguna atau user dalam melakukan aktivitas. 

Lalu kenapa dalam sebuah fitur pencarian dibuat memudahkan, karena dalam sebuah inputan disini agar dapat memberikan saran atau memberikan pilihan sesuai kata kunci yang dimasukan pada inputan. Tentunya harus dibuat sebuah fitur autocomplete dimana pengguna akan lebih nyaman. Jadi pengguna hanya mengetikkan kata kunci dan sistem dapat menampilkan daftar saran data yang dicari atau yang diinginkan.

Bagaimana cara membuat autocomplete dengan php dan mysql, silahkan simak langkah-langkah berikut:

untuk membuat fitur autocomplete dibutuhkan beberapa library seperti bootstrap dan UI jQuery seperti code dibawah ini

cara membuat autocomplete

pada code diatas saya menggunkan methoda CDN dan jika ingin mendapatkan library diatas silahkan langsung ke situs resmi bootstrap serta jQuery.

Selanjutnya buat sebuah database kemudian ketikkan code untuk konfigurasi koneksi ke database seperti berikut:

1-cara membuat autocomplete

jika sudah berikutnya membuat sebuah inputan untuk menampung data yang akan di ketikkan.

jika sudah mengetikkan code diatas,tambahkan sintax javascript dengan menggunakan fungsi autocomplete dari JQuery pada selector ID nama. Artinya bahwa fungsi autocomplete akan dijalankan pada elemen dengan ID=’nama’ dalam hal ini adalah tag input nama. Coba sahabat sisipkan pada bagian bode sintax dibawah ini:

dalam sintax diatas ada code source auto_cek.php pada file tersebut merupakan dimana ada perintah request ke database menggunakan perintah Query SQL, dan berikut codenya silahkan buat file baru beri nama auto_cek.php

Jika semua code diatas sudah sahabat ketikkan kemudian buka ke browser dan coba ketikkan kata kuncinya seperti dalam gambar berikut:

2-cara membuat autocomplete

Saya kira cukup dalam pembahasan tentang Cara Membuat Autocomplete Dengan PHP dan MySQL. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali dengan pembahasan lainnya.

terima kasih