Pada pertemuan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat controller di laravel. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, untuk membuat controller di laravel bisa secara langsung dan bisa melalui command line php artisan yang sudah disediakan oleh laravel. Bukan hanya itu saja, teman-teman juga bisa menggunakan function CRUD default yang sudah disediakan di laravel, jadi pada saat kalian membuat controller secara otomatis melalui command line php artisan, disamping itu kalian juga bisa juga menambahkan function CRUD tersebut dengan menambahkan perintah command line –resource yang dapat digabungkan pada saat menggunakan perintah command line untuk membuat controller laravel, dan itu hanya opsional saja. Namun dengan feature tersebut sering saya gunakan pada saat membuat controller dengan fungsi CRUD default bawaan laravel. Dengan feature tersebut saya rasa lebih memudahkan saya dan saya tidak perlu lagi membuat function secara manual karena akan memakan waktu. Berikut ini adalah function default bawaan dari –resource laravel :

Untuk membuatnya controller menggunakan command line php artisan tanpa function default bawaan laravel tersebut kalian bisa ketikan perintah seperti dibawah ini :

Sedangkan untuk membuat controller menggunakan command line php artisan berikut dengan function default bawaan laravel tersebut kaliaan bisa ketikan perintah seperti dibawah ini :

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara membuat controller di laravel, semoga bermanfaat.