Melanjutkan artikel sebelumnya tentang Cara Membuat Custom Kode Captcha di PHP. Sebelumnya sudah membuat file index yang berisi form input. Baiklah sekarang dilanjutkan membuat file check_code.php. Pada file check_code.php ini hanya melakukan check sesuai data post yang dikirim.

Sebelumnya tentu harus ada code captcha yang ditampilkan. Jadi sahabat silahkan mengetikkan code untuk menampilkan code captcha yang akan di tampilkan berikut code nya:

untuk membuat random captcha menggunakan sebuah fungsi php yaitu md5(rand()). Lalu jumlah karakter yang akan ditampilkan menggunakan fungsi substr($random_alpha, 0, 6). Kemudian untuk font yang digunakan sahabat bisa copy saja file font dari PC atau laptop masing-masing. Font yang saya pakai arial.ttf, jadi code captcha yang tampil menggunakan font arial.

Baiklah selanjutnya untuk file check_code.php ketikkan seperti code dibawah ini:

Jika sudah simpan semua file diatas, kemudian jalankan pada browser maka langsung saja ketikkan code captcha sesuai pada form. Berikut tampilan form yang dibuat.

Bagaimana Cara Membuat Custom Kode Captcha di PHP 1-Bagaimana Cara Membuat Custom Kode Captcha di PHP

Demikian pembahasan kali ini tentang Cara Membuat Custom Kode Captcha di PHP. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dengan pembahasan lainnya.

terima kasih