Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat kode token otomatis di php. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, Token adalah kode uniq acak yang digunakan untuk mengamankan suatu di website. Bahkan didalam proses internet banking sudah banyak menggunakan tehnik tersebut guna mengamankan suatu transaksi yang dilakukan oleh nasabahnya. didalam website pun demikian, token yang nantinya kalian buat bisa berguna sebagai salah satu kode yang menjadi acuan untuk melakukan suatu proses interaksi kedalam database supaya proses yang dilakukan lebih aman dan sulit untuk dimanipulasi. Biasanya kode token tersebut digunakan untuk berbagai macam otentikasi, sebagai salah satu contohnya adalah untuk registrasi, ubah password dan masih banyak lagi hal lainnya yang dapat dimanfaatkan dari token tersebut.

Mungkin jika didalam tabel token itu diibaratkan sama halnya seperti fileds id, dimana fileds tersebut adalah uniq dan bersifat tunggal atau tidak boleh sama. Untuk membuat kode token acak tersebut kalian bisa menggunakan berbagai cara, dan salah satunya yang akan saya berikan contoh disini adalah menggunakan fungsi php password_hash(). Langsung saja untuk membuatnya kalian bisa ikuti tahapan sepertiu yang saya berikan dibawah ini.

Berikut Tahapannya :

  • Terlebih dahulu teman-teman buat satu buah file dengan nama token.php yang disimpan didalam folder project kalian.
  • Jika sudah ketikan kode seperti berikut :
  • Jika sudah simpan terlebih dahulu file index.php tersebut dan lihat hasilnya di browser.
  • Untuk mendapatkan kode token tersebut teman-teman cukup panggil nama file beserta nama fungsi getToken() tersebut di file lain yang dibutuhkan

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara membuat kode token otomatis di php, semoga bermanfaat.

WhatsApp chat