Hallo sobat program, bertemu lagi dengan saya Rizal dan masih diwebsite  dumetschool ini. Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial sederhana tentang Cara Membuat Koneksi Database MySQL dengan PHP Procedural.

Mungkin jika teman-teman sering menjelajah embah google tentang pemrograman website pasti teman-teman pernah melihat berbagai macam cara dalam membuat koneksi database dengan PHP. Dan mungkin dari teman-teman banyak yang keliru tentang konsep koneksi tsb apakah menggunakan procedural atau object-Oriented (OOP).

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan jawaban dari semua itu dan disini saya akan memberikan Cara Membuat Koneksi Database MySQL dengan PHP Procedural.

Oke langsung saja, langkah pertama teman-teman buat terlebih dahulu databasenya di “localhost/phpmyadmin” jika sudah, lihat gambar dibawah ini saya sudah membuat database dengan nama “murid”.

Cara Membuat Koneksi Database MySQL dengan PHP Procedural

Jika sudah membuat database seperti pada contoh diatas, langkah selanjutnya teman-teman buat folder didalam htdocs dengan nama bebas lalu buat file PHP nya lalu masukan kode PHP Procedural koneksinya seperti pada contoh dibawah ini :

Pada kode PHP diatas merupakan sebuah konsep procedural PHP untuk mengkoneksikan ke database. Jika sudah silahkan teman-teman simpan lalu jalankan/run dibrowser yang teman-teman gunakan dengan mengetik localhost/namafolder/namafile. Jika sudah benar maka hasilnya akan menjadi seperti pada contoh dibawah ini :

Cara Membuat Koneksi Database MySQL dengan PHP Procedural

Dari hasil diatas menampilkan koneksi berhasil, jika tidak ingin ditampilkan koneksi berhasilnya teman-teman bias menghapus dibagian else{} seperti itu.

Oke kalau begitu cukup sampai disini dahulu pembahasan kita kali ini tentang Cara Membuat Koneksi Database MySQL dengan PHP Procedural. semoga dapat sangat bermanfaat buat teman-teman dan dipembahasan selanjutnya saya akan membahas koneksi database mysql dengan php OOP.

Terimakasih

WhatsApp chat