Melanjutkan dari sesi sebelumnya, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat paging bootstrap di php part2. Mungkin sebagian teman-teman sudah tahu, di bootstrap terdapat berbagai macam bentuk navigasi yang bisa digunakan, tentunya dari navigasi tersebut fungsi pada umumnya sama saja yaitu untuk membatasi setiap data yang tampil di halaman website teman-teman nantinya.

Berikut contoh kode html navigasi bootstrap pada umumnya di bawah ini :

Dari kode html tersebut akan menghasilkan paginasi seperti berikut :

cara membuat paging bootstrap

Jika dilihat dari navigasi tersebut terdapat kekurangan, dimana belum adanya class active berdasarkan halaman tersebut, namun teman-teman tidak usah khawatir, di bootstrap terdapat beberapa pilihan untuk tampilan navigasi yang ingin teman-teman gunakan, namun pada contoh yang akan saya berikan disini teman-teman akan membuat dengan bentuk navigasi seperti contoh gambar berikut :

cara membuat paging bootstrap modifikasi

Dari gambar tersebut adalah hasil akhir navigasi yang akan dibuat nantinya, dan akan ada sedikit modifikasi dari segi tampilan, dan untuk kode html paginasi tersebut adalah seperti berikut :

Lantas bagaimana jika dari kode htm navigasi bootstrap tersebut bisa teman-teman kobinasikan di PHP. Tentunya agak sedikit sulit, dan teman-teman membutuhkan function khusus untuk menggunakan paginasi tersebut supaya di kedepannya tidak perlu buat struktur navigasi lagi dan cukup panggil fungsi navigasi tersebut. Jika bicara tentang function navigasi tersebut, ada baiknya teman-teman ikuti contoh yang saya berikan secara bertahap.

Beikut tahapannya :

  • Pada contoh disini saya asumsikan teman-teman buat terlebih dahulu satu buah database dengan nama mahasiswa, dan buatlah satu buah tabel dengan nama data_siswa dengan struktur tabel seperti berikut :

struktur tabel_siswa

  • Jika sudah silahkan teman-teman isi untuk record tabel_siswa tersebut sebanyak 15 record data, dengan data bebas (data dummy).

Sampai disini dan untuk pembahasan selanjutnya, akan saya jelaskan cara membuat paging bootstrap di php pada sesi berikutnya, semoga bermanfaat.

WhatsApp chat